Politik

KPU Gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

Foto bersama usai Rakor dengan KPU Kota Bima, Rabu.

Kota Bima, Bimakini. – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kota Bima gelar rapat koordinasi (Rakor) pendataan dan Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, Rabu (8/3/2017). Rakor ini bertujuan agar tersusunnya daftar pemilih yang akurat,  komprehensif dan termutakhir untuk pemilihan Wali dan Wakil Wali Kota Bima 2018.

Ketua KPU Kota Bima, Bukhari, SSos mengatakan Rakor ini juga untuk memberikan gambaran peningkatan atau penurunan jumlah pemilih sampai 2017.  Pada pemilu berikutnya data pemilih terakhir menjadi satu-satunya acuan.

Selama ini data prmilih selalu menjadi sumber petaka.  Maka KPU tidak ingin munculnya masalah seperti itu.

Bagi penduduk Kota Bima yang sudah tidak memiliki hak pilih, harus dikeluarkan.  Demikian juga sebaliknya, yang memilikj hak masuk dalam daftar.

“Sebelumnya ada laporan dari parpol tentang masuknya pemilih dalam daftar DPT, padahal seharusnya tidak berhak.  Setelah KPU mengecek, ternyata benar dan dihapus,” ujarnya.

Lanjutnya, diantara wewenang KPU berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2011 pasal 13 huruf g dan h serta UU Nomor 8 Tahun 2015 menerima daftara pemilih dari PPK. Memutakhirkan data pemilih berdasarkan data kependudukan yang disiapkan pemerintah. “Selanjutnya menyaring dan mencocokkan data yang didapat dari berbagai pihak untuk di update kedalam aplikasi Sistem Data Pemilih (SIDALIH),” jelasnya.

Rakor ini juga, kata dia, bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang bagaimana memeroleh data pemilih yang valid. Apalagi selama ini data selalu menjadi pesoalan dari pemilu ke pemilu.

Data pemilih sendiri, kata dia, akan diserahkan oleh oleh Mendagri ke KPU Pusat September 2017 mendatang. Data Mendagri diperoleh dari Kota dan Kabupaten. “KPU Pusat selanjutnya akan menyerahkan pada KPU Kota/Kabupaten se Indonesia,” terangnya.

Untuk itu, kata dia, Pemkot Bima melalui Dinas Catatan Sipil dapat menyempurnakan data kependudukan. Juga berharap adanya pengawasan dari dewan untuk penyempurnaan data tersebut.

Hadir dalam Rakor itu, Wakil Ketua DPRD Kota Bima, M Syafi, Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kota Bima, Tata Pemerintahan, Camat se Kota Bima, Kemenag Kota Bima, dan unsur media. (BK25)

 

Share
  • 9
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top