NTB

Lombok akan Gelar Rinjani 100 Km

Ketua KONI NTB, H Andy Hadianto (dua dari kiri) mendukung sepenuhnya Rinjani 100.

Mataram, Bimakini.- Gunung Rinjani kembali akan menjadi saksi sejarah kekuatan tekad anak manusia. Lomba Rinjani 100 Km akan segera digelar di gunung yang terkenal dengan keindahan alamnya dan selama ini telah mengundang para petualang dan pecinta alam dari seluruh penjuru dunia untuk mengunjunginya.

Rinjani 100 Km diklaim sebagai lomba terberat di Asia Tenggara dan ditunggu para pecinta olahraga lari lintas alam dari dalam dan luar negeri. Lomba sendiri akan diselenggarakan 5-7 Mei 2017. Peserta kategori ultra 100 Km akan berlari dari jalur pendakian Senaru menuju Danau Segara Anak, Puncak Rinjani, turun ke Plawangan Sembalun, berlanjut naik turun mengikuti pegunungan yang asri mengelilingi Sembalun.

Dari jarak 100 Km itu, total jarak tanjakan yang harus ditaklukkan peserta mencapai 9.166 meter. Jarak ini hampir tigakali lipat mendaki Gunung Rinjani yang memiliki tinggi 3.726 meter.

Lomba ultra trail internasional ini tidak saja melombakan jarak 100 Km, tetapi ada kategori 60 Km, 36 Km dan 27 Km. Untuk kategori 100 Km dan 60 Km mengambil start di Senaru dan finish di Sembalun. Sedangkan kategori 36 Km dan 27 Km start dan finish di Sembalun.

Para komunitas pelari siap sukseskan Rinjani 100 bertajuk Ultra Trail Internasional 2017.

Founder Rinjani 100 Km, Hendra Wijaya menyebutkan jumlah peserta lomba lari ultra internasional ini sudah mencapai 450 orang dan datang dari 24 negara. Mereka terbagi di semua kategori. Yang menarik, para porter juga diberikan kesempatan untuk merasakan sensasi lomba ini, dengan adu cepat di Pergasingan Challenge.

“Rinjani 100 Km memang melewati medan yang berat.Namun bagi mereka yang berhasil menyelesaikan dalam batasan waktu tentu akan merasakan kebanggaan yang luar biasa,” kata Hendra Wijaya saat acara Road to Rinjani 100, di Pusuk Pass, Lombok Utara, Minggu (19/3/2017).

Rinjani 100 ini didukung sepenuhnya oleh KONI NTB, Taman Nasional Gunung Rinjani. Panitia juga bekerjasama sepenuhnya dengan Dinas Pariwisata, komunitas pelari lokal Rinjani dan masyarakat di sekitar kawasan Rinjani, khususnya pendukung wisata yang tergabung dalam Sembalun Community Development Centre, Basarnas dan Polda NTB.

Rinjani 100 ini adalah event kedua setelah sukses dilaksanakan tahun lalu. Event ini sebelumnya bertajuk Mount Rinjani Ultra. Bedanya event terdahulu hanya berjarak 52 Km. (BK37)

Share
  • 75
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top