Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Selaraskan Renja SKPD, Bappeda Kota Bima Lakukan Ini

Untuk menyelaraskan program kerja SKPD, Bappeda Gelar Pertemuan, Selasa.

Kota Bima, Bimakini.- Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bima menggelar Forum SKPD di aula SMAN 1 Kota Bima, Selasa (14/03). Forum SKPD dimaksudkan untuk melakukan penyelarasan rancangan Rencana Kerja (Renja) SKPD dengan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan dan usulan stakeholders lainnya di Kota Bima.

Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Syahrial Nuryadin, S.IP, MM mengatakan forum SKPD adalah wadah antarpelaku pembangunan. Tujuannya  membahas prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan dengan SKPD.

“Serta menyusun dan menyempurnakan Renja SKPD yang tata cara penyelenggaraannya difasilitasi oleh SKPD terkait,” ujarnya.

Dikatakannya, pada kesempatan itu, Kepala Bappeda Kota Bima Ir. Abdurrahman Iba menyampaikan, bahwa fokus tahun 2017/2018 adalah upaya untuk percepatan pemulihan akibat bencana sekaligus mengejar target RPJMD.

Adanya forum ini, kata dia, agar dapat mensinergikan prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan dengan rancangan Renja SKPD. Menetapkan prioritas program dan kegiatan pembangunan dalam Renja SKPD.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Menyesuaikan prioritas Renja SKPD dengan alokasi anggaran indikatif SKPD yang tercantum dalam rancangan awal RKPD. Serta mengidentifikasi efektivitas regulasi yang berkaitan dengan fungsi SKPD.

Sejumlah Pimpinan SKPD yang hadir dalam pertemuan forum.

Wakil Wali Kota Bima, H A Rahman H Abidin, SE berharap agar Forum SKPD ini menjadi wadah sinkronisasi kegiatan serta evaluasi untuk mengukur sejauh mana program telah berjalan, apakah sudah menjawab kebutuhan masyarakat.

Rahman juga menekankan untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat dan memberikan pelayanan maksimal. Bappeda sebagai perencana harus mampu menterjemahkan harapan dan keinginan masyarakat terutama pascabencana.

Dia juga berharap penyelenggaraan pelayanan publik di Kota Bima dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. “Kita sudah membentuk dua Dinas baru terkait data dan informasi, yakni Dinas Statistik dan Dinas Kominfo. Dua dinas ini harus mampu kita tajamkan fungsinya, dengan begitu akan mempermudah sistem pelayanan dengan berbasis teknologi informasi. Dengan data akurat dari Dinas Statistik dan sistem informasi yang terpusat di Dinas Kominfo, akan mempermudah kita dalam memberikan pelayanan, terutama hal-hal yang berkaitan dengan pemberian bantuan kepada masyarakat, sehingga tidak ada lagi pemberian bantuan yang tidak tepat sasaran”, jelasnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Wakil Ketua DPRD M. Syafe’i, ST, para Ketua Komisi DPRD, para pejabat perangkat daerah, Camat dan Lurah serta elemen lain yang berkaitan langsung dengan fungsi SKPD. Forum dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE. (BK25)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten Bima  mendapat kehormatan untuk berbagi praktek baik di tingkat Nasional. Pemkab Bima dinilai berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan literasi anak, khususnya...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Bappeda Litbang menyelenggarakan Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Walikota Bima tentang Pedoman Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah dan Rancangan Perwali tentang pedoman...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sorotan dewan tentang terlambatnya penyerahan dokumen refocusing ditanggapi oleh Kepala Bapedda dan Litbang, Muhammad Fakhrunraji. Dijelaskannya, pembehasan sudah selesai, hanya tinggal...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Meskipun dijadwalkan Selesai per 31 Maret, ternyata Proses Refocusing anggaran Kota Bima tahun 2021 untuk penanganan Covid19 masih berlanjut sampai pekan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sesuai program tertuang dalam RPJMD kota Bima, penuntasan masalah air bersih, kesehatan dan kawasan kumuh menjadi prioritas pembangunan. Termasuk di dalamnya...