Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Waspadailah Modus Kejahatan Manfaatkan Anak!

Kepala Dinas PPPA Kota Bima, M Nur A Majid

Kota Bima, Bimakini.- Akhir-akhir ini, beragam kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dan Narkoba muncul di Kota dan Kabupaten Bima. Umumnya, para terduga pelaku yang ditangkap dan masih buron masih kategori anak/remaja atau di bawah 18 tahun. Fenomena buruk keterlibatan anak ini dalam radar pencermatan Kepala Dinas Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPA) Kota Bima, Drs M Nur A Majid, MH.

Nur mengatakan kecenderungan itu selayaknya menjadi perhatian bersama. Anak-anak diperalat menjadi pelaku kejahatan, karena ada celah aturan yang tidak memungkinkan mereka dihukum pada jumlah ancaman pidana tertentu. Mereka bermodalkan kunci T mengutak-atik kendaraan orang lain dan membawa kabur.

“Anak-anak sekarang dimanfaatkan oleh orang dewasa dalam kasus kejahatan, diajari mencongkel kendaraan,” katanya Senin (13/03) sore lalu di sekretariat Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Bima.

Dia menengarai anak-anak di bawah umur diajari oleh oknum tertentu untuk mencongkel kendaraan dan barang lainnya dalam praktik kejahatan. Dia meminta kecenderungan seperti itu harus diwaspadai, karena anak-anak dijadikan umpan oleh kaum dewasa dalam kasus kriminal.

Nur meminta LPA Kota Bima mencermati kecenderungan itu dan berperan dalam upaya mengantisipasi untuk kepentingan masa depan anak-anak.

Sebelumnya, sejumlah pihak menengarai ada semacam jaringan kejahatan yang melibatkan anak-anak sebagai umpan dalam praktik kejahatan di Bima, akhir-akhir ini. Seperti dalam kasus Curanmor dan Narkoba. Pelibatan anak itu diduga karena ada celah aturan yang memungkinkan anak tidak dihukum, melainkan melewati proses diversi. (BK22)

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, launching Kota Layak Anak(KLA) sekaligus sosialisasi Perda Nomor 11 tahun 2020 tentang Kota Layak...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Bima, ikut prihatin dengan insiden tewasnya joki cilik Muhammad Sabila, 9 tahun. Bocah warga  Desa Roka...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Pemberitaan tentang anak di Kota Bima belakangan ini sangat masif. Terutama menyangkut beredarnya video dan foto mesum anak. Tetapi, berita-berita yang...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Bima bekerjasama dengan Bidang Anak dan Perempuan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram mengelar diskusi bertajuk “Media...