Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Disorot, Ini Reaksi Kapolsek Belo

Kapolsek Belo, IPTU Hanafi

Bima, Bimakini.- Sorotan atas kinerja kepolisian, khususnya jajaran Polsek Belo oleh Front Pemuda Peduli Belo (FPPB) mendapat tanggapan balik. FPPB menilai kinerja Polsek Belo tidak maksimal menekan angka kriminalitas.

Kapolsek Belo, IPTU Hanapi mengaku sudah maksimal bekerja dengan anggotanya. “Kami sudah maksimal bekerja sesuai dengan SOP, namun aksi beberapa pemuda mengatasnamakan FPPB adalah motivasi bagi kami yang ada di Polsek Belo,” ujarnya, Jumat (28/4/2017).

Hanafi juga menyerahkan sepenuhnya kepada Kapolres Bima Kabupaten untuk menilai kinerjanya. “Saya serahkan sepenuhnya ke Kapolres Bima. Kalau secara pribadi saya telah menjalankan tugas dengan baik,” jelasnya.

Menurutnya, tingkat kriminal di Belo selama tujuh bulan menjabat, sudah turun sekitar 50 persen. Hal itu terlihat dari laporan pengaduan masyarakat.

Keamanan, kata dia,  bukan semata tanggung jawab Polri, namun semua elemen. Jika ada kasus kriminalitas, maka segera menginformasikan kepada aparat. Termasuk memberi kesaksian.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Baca Juga: Massa FPPB Sorot Kinerja Polres Bima Kabupaten

Sorotan mengenai kondisi lampu jalan, kata dia, bukan kewenangan Polsek, namun pemerintah daerah. “Waka Polres sudah koordinasi kepada Pemda untuk pemasangan lampu jalan di wilayah Belo. Kami sifatnya koordinasi, bukan mengambil kebijakan soal itu,” tandasnya.

Demikian juga dengan usulan pembangun Pos Pol diperbatasan Desa Renda dan Ngali, bergantung kebijakan pimpinannya. Namun mengenai penyediaan lahan Pos Pol sepenuhnya oleh Pemda.

“Secara prosedur kami akan ajukan ke Polda sampai ke Mabes. Kalau ada persetujuan baik dari Polda maupun dari Mabespolri maka akan dilaksanakan,” terangnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Bahkan, Babinkantibmas Desa Diha yang dinilai kurang aktif sudah diganti.  “Sekitar 80 personil Babinkantibmas sudah diganti termasuk Babinkantibmas Desa Diha,” ungkapnya.

Selama ini, kata dia, kegiatan patroli tetap dilaksanakan, termasuk ditempat rawan. Seperti Wadu Nocu, perbatasan Renda-Ngali. Puncak Dam Ncera, batas Desa Monta dan Ngali sering terjadi perampasan sepeda motor. “Karena intens  patroli, keluhan masyarakat bekurang. Pelakupun sering berpindah tempat untuk mengelabui polisi yang patroli,” terangnya.

Sorotan FPPB mengenai kasus pencurian dengan kekerasan yang menimpa Julianti, warga Desa Diha di TPU Desa Ngali sudah diselidiki. Namun belum bisa dinaikkan ditingkat sidik karena dua alat bukti belum cukup, karena masyarakat terkesan tertutup.

“Kami tetap berupaya keras mengungkap kasus ini. Semua tuntutan akan melengkapi dokumen baik berupa foto maupun berkas penyelidikan ada semua. Saya menyayangkan terhadap masa aksi tidak mau melakukan audiensi, supaya kami menunjukan alat bukti selama ini,” ungkapnya.  (BK34)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait bunyi petasan yang dilakukan oleh anak dan remaja usai shalat subuh. Kapolsek Bolo, AKP. Hanafi Jr dan anggota...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kapolsek Belo, IPDA I Kadek Sumarta, SH, mengatakan, berdasarkan data kasus ditangani penyidik hingga akhir Maret 2019 ini, kasus yang kerap terjadi...

Politik

Bima, Bimakini.- Tahun 2019 adalah tahun politik, dimana dilaksanakannya Pemilu serentak 17 April. Aparat juga berkewajiban memberikan pemahaman berdemokrasi. Seperti dilakukan Kapolsek Belo, IPDA...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Lantaran dinilai meresahkan masyarakat, Polsek Belo akhirnya membubarkan acara orgen tunggal di Desa Ngali, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima Selasa (1/1) siang. Kapolsek...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, Mapolsek Belo mengadakan pengobatan gratis, Senin (26/11). Kegiatan itu sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan kepedulian...