Peristiwa

Horeee…Listrik Menyala di Pulau Bajo

ilustrasi

Dompu, Bimakini.-  Puluhan tahun warga yang bermukim di Pulau Bajo Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, mendambakan bisa menikmati penerangan listrik dari PLN. Kini mimpi itu terwujud akhir pekan lalu. Listrik mulai menyala di rumah rumah penduduk setempat.

Ekspresi kegembiraan muncul dari warga. Seperti disampaikan  Mansyur, Sabtu (9/4/2017). Menurutnya, sudah puluhan tahun tinggal dan bahkan lahir di Pulau Bajo, namun baru sekarang bisa merasakan dan menikmati terangnya lampu dari PLN. “Kami sangat senang bisa menikmati listrik,” ujarnya.

Selama ini, katanya, kerap dijanjikan oleh pejabat pemerintah, namun baru sekarang bisa terwujud. “Biarlah masa- masa kami dulu yang gelap, tapi generasi berikutnya tidak lagi,”  katanya.

Hal senada juga diungkapkan M Saleh, warga setempat. Dia mengakui sangat bisa menikmati listrik dari PLN. “Sepertinya baru sekarang merasakan kemerdekaan,” ujarnya.

Dia berharap semoga menyalanya listrik di tempat tinggal mereka akan bisa bermanfaat bagi kehidupan selanjutnya.  Apalagi,  warga Pulau Bajo adalah nelayan yang membutuhkan es batu untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan.

Warga lainnya, Safrudin, mengaku menyalanya listrik siang dan malam sudah bisa menonton TV dan mengetahui keadaan dan informasi dari luar. “Untuk memenuhi penerangan selama ini  menggunakan mesin diesel milik desa,” katanya.

Dia pun berharap aktifnya penerangan listrik PLN di Pulau Bajo, bisa dimanfaatkan anak anak untuk belajar dan mengaji.

Pemancangan tiang listrik dan pemasangan kabel dilakukan sejak tahun 2016 lalu, namun  baru April ini 2017 ini aliran milik PLN menyala. Kendati tiang listrik harus melewati muara, namun tidak menjadi halangan bagi warga Pulau Bajo bisa menikmati listrik. (BK24)

Share
  • 38
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top