Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Ini Sorotan Legislator Soal Heboh Pelantikan Kasek

Nurdin Amin

Bima, Bimakini.- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima, Nurdin Amin, SH, menyorot terkait dengan kebijakan Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, dalam rotasi dan mutasi Kepala Sekolah (Kasek) tingkat Sekolah Dasar (SD) baru-baru ini. Terutama terkait dengan mutasi Kepala  SDN Oi Marai, Kecamatan Tambora, Junaidin, S.Pd, sempat mengancam membakar diri.

Setelah insiden itu, kata dia, bupati mengabulkan permohonan pindahnya untuk ditempatkan di SDN Inpres Sanolo, Kecamatan Bolo. “Lalu yang jadi pertanyaan, apakah dengan sikap ‘premanisme’ oknum kasek tersebut, hati bupati menjadi luluh dan langsung disikapi dengan melantik yang bersangkutan untuk menjadi Kepala SDN Inpres Sanolo,” herannya, Senin (17/4/2017).

Selain itu, Ketua DPC PDI-P Kabupaten Bima ini juga menyorot adanya Kasek yang dilantik namun tidak memeliki sertifikat Calon Kepala Sekolah (Cakep). “Ada juga Kasek yang disinyalir sudah diberhentikan oleh kepala daerah sebelumnya karena sudah masuk waktu untuk periodesasi, namun dilantik kembali untuk menjadi kasek oleh bupati saat ini,”ungkapnya.

Ada kenyataan itu, duganya ada indikasi tekanan dalam proses rotasi dan mutasi. Termasuk dari eks Tim Sukses saat Pilkada. “Bupati seharusnya tidak perlu takut dengan tekanan apapun dan dari siapapun,” ujarnya.

Atas kebijakan tersebut, Nurdin merencanakan akan berkonsultasi dengan Kemendagri dalam waktu dekat. Termasuk masalah rotasi dan mutasi Kadis Disdukcapil.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Bima, Drs. H. Taufik HAK, MSi, merespon sorotan anggota dewan terkait rotasi dan mutasi. Dikatakannya, proses yang dilakukan sudah melalui mekanisme di Baperjakat.

“Kinerja dan keputusan tim Baperjakat, dalam rotasi dan mutasi sudah sesuai dengan ketentuan yang ada,” tegasnya.

Dia juga membantah mengenai dugaan adanya Kasek yang dilantik tanpa mengantongi sertifikat Cakep. (BK29)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Terkait perekrutan Kepala Sekolah (Kasek) beberapa waktu lalu yang dinilai melanggar dan diduga terjadi mal administrasi dibantah oleh jajaran Dinas Dikdubpora Kabupaten...

Dari Redaksi

ADA yang menggelitik saat aksi penyampaian aspirasi saat prosesi mutasi dan  rotasi di aula kantor Pemkab Bima, Senin (10/4/2017) lalu. Demikian juga cuap-cuap Ketua...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sejumlah anggota Tim Gender asal Kecamatan Bolo mengamuk di tempat pelantikan pejabat fungsional di aula kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima, Senin (10/4)....

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Diduga tidak direstui keinginannya yang mau pindah tugas dari Kecamatan Tambora, Jainuddin, S.Pd, Kepala SDN Oi Marai, nyaris bakar diri Senin (10/4/2017)...