Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Mengenang Sosok Kartini, Pemkot Gelar Upacara

Upacara Hari Kartini di Pemkot Bima, Jumat.

Kota Bima, Bimakini.- Memeringati Hari Kartini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bima menggelar upacara, Jumat (21/4/2017). Bedanya upacara kali ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) Perempuan mengenakan kebaya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima Ir. Hj. Jainab bertindak selaku pemimpin upacara, sementara Plt. Sekretaris Daerah Drs. Mukhtar, MH, sebagai inspektur.

Plt. Sekretaris Daerah, Drs Muhtar Landa, MH mengatakan ini momentum untuk mengenang sosok RA Kartini sebagai seorang pejuang perempuan yang terkenal karena gagasan dan pemikiran besarnya.

“Raden Ajeng Kartini adalah sosok pejuang yang jiwanya sangat dekat dengan rakyat dan bangsa, khususnya kaum perempuan”, kata Muhtar seperti dikutip PLT Kabag Humas dan Protokol Setda, Syahrial Nuryadin.

Dikatakannya, Kartini mendobrak budaya patriarkhi yang merendahkan martabat wanita karena hanya memaknai wanita di ruang domestik keluarga. Kartini muncul sebagai tokoh inspiratif untuk mengatakan kepada kaumnya bahwa wanita pun bisa berbuat banyak untuk kemerdekaan Indonesia dan kemajuan bangsanya.

“Sebagai orang yang mengerti nasib perempuan yang direndahkan yang terjadi di negerinya, Kartini sangat tergugah memberi pencerahan, berjuang ingin menjadikan kaum perempuan lebih terdidik. Kartini menyampaikan itu dengan bahasa yang santun dan simpatik serta kerja nyata yang tetap dibalut dalam kain kebaya sebagai penghargaan yang kuat kepada tradisi,” ujarnya.

Kartini juga, kata dia, mendirikan sebuah sekolah wanita pada tahun 1912 di Semarang sebagai wujud perjuangannya. Sekolah ini kemudian menyebar di berbagai daerah lainnya seperti di Surabaya, Malang, Madiun, Yogyakarta dan beberapa kota lainnya.

“Dari Kartini, perempuan generasi sekarang seharusnya bisa belajar bahwa seorang wanita haruslah berani menjadi pintar, tidak terkungkung di belakang. Memaknai hari Kartini seharusnya tidak sekedar berkebaya, tapi lebih pada perjuangan untuk menjadi manusia-manusia unggul. Selamat Hari Kartini. Semoga Perempuan Kota Bima bisa menjadi pribadi yang maju dan bermanfaat bagi keluarga, lingkungan dan masyarakat”, katanya. (BK25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini.- Momentum hari Kartini semoga menjadi Pondasi awal terpenuhinya hak-hak kaum Perempuan secara utuh di Indonesia. Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Suasana kerja, Jumat (21/4/2017) di lingkup Pemkot Bima, berbeda dari biasanya. Karena Aparatur Sipil Negara (ASN) perempuan mengenakan kebaya. Mereka terlihat...

NTB

Mataram, Bimakini- Terinspirasi sosok pejuang kaum wanita RA Kartini, segenap anggota organisasi Wanita di NTB diminta  terus berkontribusi bagi pembangunan Nusa Tenggara Barat. “Kartini-Kartini...