Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Organisasi Wanita NTB Seriusi Upaya Deteksi Dini Kanker Payudara

BKOW Provinsi NTB sangat serius menyikapi tingginya angka perempuan penderita kanker payudara.

Mataram, Bimakini.- Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi NTB sangat serius menyikapi tingginya angka perempuan penderita kanker payudara. Untuk itu, salah satu program utama BKOW adalah sosialisasi deteksi dini kanker payudara. Ketua BKOW NTB,  Hj. Syamsiah M. Amin menekankan pentingnya peran organisasi wanita dalam mensosialisasikan gejala, dan cara pengobatan penyakit ini.

Melalui upaya sosialisasi dari perangkat organisasi kewanitaan seperti BKOW, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, Hj. Syamsiah berharap masyarakat lebih teredukasi dan memiliki pemahaman yang baik tentang deteksi diri kanker payudara. Hal itu diungkap Hj. Syamsiah M. Amin saat bersilaturrahim bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Mataram dan GOW Kabupaten Lombok Barat, di Pendopo Walikota Mataram, Rabu, (4/4/2017).

Hj. Syamsiak menyebut kanker payudara sebagai salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi kaum wanita. Tingginya jumlah penderita kanker ini seringkali diakibatkan lifestyle atau gaya hidup yang tidak sehat, termasuk jenis makanan yang dikonsumsi, perubahan gen, riwayat kesehatan pribadi dan keluarga, hingga minimnya pengetahuan dan pemahaman terhadap penyakit ini.

Untuk itu, ia berharap dalam tiap pribadi perempuan harus ada kesadaran dan sikap awas serta tanggap, mendeteksi dini kanker payudara.

“Penyakit adalah sebuah ujian yang mungkin menimpa siapa saja. Namun, fakta yang ada menunjukkan kebanyakan masyarakat sekarang malu dan takut terhadap penyakit kanker, padahal jika dari awal sudah diketahui gejalanya maka penanganannya akan semakin baik,” jelasnya.

Hj, Syamsiah menghimbau kepada seluruh perempuan, untuk melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara. Ia juga mengajak para ibu untuk memberikan pendidikan dari dalam rahim, begitupun saat anak lahir. Tumbuh kembang anak perlu diperhatikan, pendidikan anak juga harus diberikan sesuai dengan umurnya, demi mencetak generasi yang lebih baik.

Dalam rangkaian roadshow BKOW Provinsi NTB itu, Hj. Syamsiah juga menyerahkan bibit cabe kepada Ketua GOW Kota Mataram dan Ketua GOW Kabupaten Lombok Barat. Ia berharap tahun kedepannya bukan hanya cabai, tetapi sayur-sayuran serta unggas seperti ayam dan itik yang dapat diberikan pada masyarakat. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bima menghadiri kegiatan Sosialisasi test Inspeki Visual Acetat (IVA) tentang Deteksi dini Kanker Leher Rahim dan...