Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tim Lomba Kelurahan Kunjungi Rabangodu Selatan

Penyambutan tim penilaia Lomba Kelurahan tingkat Kota Bima di Rabangodu Selatan meriah.

Kota Bima, Bimakini.- Tim Penilai Lomba Kelurahan Terintegrasi Kota Bima Tahun 2017 mendatangi Kelurahan Rabangodu Selatan, Selasa (25/04). Sebelumnya, tim menilai  Kelurahan Sambinae yang mewakili Kecamatan Mpunda, Kelurahan Lampe mewakili Kecamatan Rasanae Timur.

Saat itu,  warga  antusias menyambut kedatangan tim penilai diketuai Kabag Administrasi Pemerintah Setda Kota Bima, H Faharuddin, SSos.  Didampingi Asisten I Setda, Drs M Farid, MSi. Tim disambut berbagai aksi tarian tradisional.

Ketua tim penilai lomba, H Faharuddin, SSos,  mengapresiasi warga dan panitia yang menyambut kedatangan tim. Begitu antusias dan luar biasa. Penilaian Rabangodu Selatan merupakan yang ketiga, setelah Kelurahan Lampe dan Sambinae. Masih ada dua kelurahan lainnya akan dinilai.

Dikatakannya, Lomba Kelurahan merupakan kegiatan rutinitas  setiap daerah, bukan saja lombanya saja menjadi prioritas, tetapi juga dalam rangka evaluasi perkembangan pembangunan  tingkat bawah serta kemasyarakatan.

Selain itu, bagaimana hubungan seluruh perangkat dari Lurah sampai RT dan warganya. Termasuk organisasi Karang Taruna, kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan lainnya dalam rangka memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Ditambahkan Faharuddin, hal ini juga sesuai amanat aturan Mendagri diekspresikan dalam Perwali berkaitan dengan menyusun profil kelurahan. Kelurahan dan Kecamatan pun memiliki kewajiban setiap tahun untuk memuat profil.  “Untuk itulah melalui momentum lomba ini, Lurah dan Camat buat profil kelurahan sebagai bentuk  evaluasi sudah sejauhmana peningkatan pembangunan telah dilaksanakan,” katanya.
Disampaikan pula pedoman evaluasi kelurahan yang indikatornya sudah ditetapkan, pemerintahan kewilayahan dan kemasyarakatan. Melalui Lomba kelurahan terintegrasi, tidak saja dinilai bersih wilayahnya dan permukimannya, termasuk kesehatan. “Bagaimana posyandunya dan lainnya, begitu administrasi pemerintahannya,” katanya.

Kata Faharuddin, dari lima kelurahan dinilai mewakili masing-masing kecamatan, akan mewakili Kota Bima di lomba tingkat Provinsi NTB. Bahkan, kalau lolos bisa mewakili NTB pada tingkat nasional.

Lurah Rabangodu Selatan, Nurkarimah, menyampaikan  sesuai visi dan misi  maju dan mampu berdaya saing dan religius,  jumlah warga sebanyak 3.326 jiwa dalam 1.044 Kepala Keluarga.

Produk unggulannya adalah mebel, bengkel, dan kolam ikan.
Prestasi adalah juara 2 Lomba Kelurahan  tingkat NTB tahun 2008 dan juara 1 Lomba PKK NTB. (BK32)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Rombongan tim penilai Lomba Kelurahan Terintegrasi Tingkat Provinsi NTB di Kelurahan Rite Kota Bima, Jum’at (22/6) pagi disambut meriah warga. Begitu...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Rombongan tim penilai lomba kelurahan tingkat NTB sudah tiba di Bima untuk penilaian di Kota Bima.  Kelurahan Rite yang menjadi duta...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Untuk ke-5 kalinya secara beruntun Kecamatan Raba menempatkan wakilnya meraih juara umum lomba Kelurahan Terintegrasi tingkat Kota Bima. Tahun  2019 ini,...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kelurahan Rite, menjadi penitup bagi penilaian Lomba Kelurahan Terintegrasi tingkat Kota Bima 2019. Tim penilai  menyambangi Kelurahan Rite, Kecamatan Raba, Rabu...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Setelah berkunjung dan menilai di Kelurahan Pane dan Kodo, kini tim penilaian lomba kelurahan terintegrasi tingkat Kota Bima bertandang ke Kelurahan...