Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Gubernur NTB: Cegah Korupsi, Perlu Pendekatan Kultural

Rapat Koordinasi dan Supervisi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi, di Gedung Graha Bhakti Paraja (GBP), Kantor Gubernur, Selasa (09/05/2017).

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi menegaskan dalam pemberantasan korupsi,  disamping harus dengan pendekatan struktural, juga perlu pendekatan kultural. Sebab penggunaan instrumen struktural saja, terbukti tidak sepenuhnya sesuai harapan.

“Sekian tahun pengunaan instrumen struktural itu, katakanlah mulai dengan regulasi dan seterusnya dari pasca reformasi sampai sekarang ternyata tidak sepenuhnya sesuai harapan kita”, tegas Gubernur saat Rapat Koordinasi dan Supervisi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi, di Gedung Graha Bhakti Paraja (GBP), Kantor Gubernur, Selasa (09/05/2017).

Dihadapan pimpinan KPK RI, Bassari Panjaitan, Gubernur menjelaskan sekokoh-kokoh apapun regulasi itu, pelajaran telah menunjukkan kepada kita sekian tahun, itu tidak sepenuhnya efektif untuk memberantas dan juga mencegah tindak pidana korupsi,” ungkapnya di hadapan Bupati/Walikota se-NTB yang hadir.

Menurutnya upaya-upaya struktural tersebut,  harus disempurnakan dan ditopang juga dengan upaya-upaya kultural. Upaya kultural, jelasnya tentu berbicara tentang pelibatan sebanyak mungkin masyarakat. “Tadi saya tanya kepada Ibu pimpinan KPK,  beliau menyampaikan bahwa beliau sebelum ini melaksanakan sosialisasi Program SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi) begitu kira-kira ibu ya”, ungkap Gubernur kepada Pimpinan KPK, Ibu Basaria Panjaitan.

Kegiatan tersebut, menurut Gubernur merupakan  bagian dari bagaimana KPK juga berupaya untuk membangun upaya-upaya kultural. Karena terus terang  korupsi itu memang  juga bisa disuburkan dengan pola hidup  berumahtangga yang tidak baik. “Kalau di situ hanya ada  hedonism, kehidupan yang  hanya berbasis kepada materil, berbanyak-banyakan saja,  maka itu pasti akan membuka potensi-potensi korupsi, ya entah suaminya, ya entah istrinya ya, entah dua-duanya”, seloroh Gubernur.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Gubernur mengupas korupsi  dari prespektif umat beragama. Ia menegaskan semua agama, apakah sebagai   muslim, kristiani, hindu dan  agama lainnya pada dasarnya  memiliki  prespektif yang sama di dalam kitab suci  masing-masing. “Bahwa manusia itu selalu berada dalam dua tarik menarik,” terang Gubernur yang lebih akrab disapa TGB itu. “Kalau dalam Al-Qur’an ada ungkapan, Fa al hamaha fujuraha wa taqwaa ha. Manusia itu selalu ada potensi tarik menarik pada taqwa. Ada pula potensi untuk tertarik pada kejahatan atau hal yang tidak baik”, paparnya seraya menegaskan bahwa  untuk memperkokoh tarikan kepada yang baik itu  maka  perlu memupuk  keimanan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kesadaran kepada adanya Tuhan Yang Maha Kuasa dan  semua yang  dilakukan akan  dipertanggungjawabkan disisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

Diingatkan pula oleh Gubernur, menumbuhkan spiritualitas saja tanpa ada upaya-upaya lanjutan yang bisa diukur, dievaluasi dan dipedomani, itu seringkali tidak menghasilkan hasil yang maksimal. “Maka itu perlu ada sistem yang diciptakan untuk memperkuat tarikan kepada yang baik dan menghalangi kita dari tarikan yang tidak baik,” terangnya.

Salah satu sistem yang dikembangkan di negara kita yaitu bagaimana mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi terintegrasi yang dilakukan KPK bersama seluruh stakeholder lainnya. Menurut Gubernur TGB, sistem itu juga memiliki esensi ibadah, yaitu  bagaimana supaya kita manusia  yang penuh dengan kelemahan  ini bisa menjadi manusia yang lebih baik. “Jadi kegiatan ini jangan dimaknakan sebagai satu kegiatan seremonial saja tetapi sebagai bagian integral dari pertanggung jawaban  kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” tegasnya. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...