Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Gubernur NTB dikunjungi Konjen India, Tawarkan Program Beasiswa Penuh

Konsulat India saat bertemu Gubernur NTB.

Mataram, Bimakini.- Konsulat General India di Bali, R.O. Sunil Babu melaksanakan kunjungan kerja selama dua hari di Nusa Tenggara Barat. Mengawali kunjungan kerja di Bumi Seribu Masjid ini, Sunil Babu yang didampingi Sekretarisnya itu, menemui Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi diruang kerjanya, Rabu, 17/5-2017.
Tujuannya adalah untuk menawarkan program beasiswa pendidikan penuh bagi Putra putri NTB yang berminat melanjutkan pendidikan jenjang S1, S2 dan S3 di India. Pemerintah India akan menyediakan beasiswa penuh untuk biaya pendidikannya hingga selesai.

Gubernur NTB, saat itu didampingi asisten perekonomian, H. Chairul Mahsul dan Kadis Pendidikan & Kebudayaan, Drs. H. Suruji menyambut baik dan mengapresiasi kunjungan Konjen India tersebut. Dengan bahasa Inggris, Gubernur TGB menyampaikan terimakasih atas kunjungan dan program beasiswa pendidikan yang disediakan oleh Pemerintah India.
Gubernur mengungkapkan, pendidikan merupakan aspek yang mendasar dalam pembangunan bangsa, termasuk di NTB. Oleh karena itu, Pemda NTB saat ini terus mendorong sektor pendidikan, dengan mengembangkan berbagai inovasi untuk mempercepat progres atau kemajuan pendidikan. Bahkan TGB juga menceritakan, pekan lalu dirinya sempat mengunjungi mahasiswa NTB di Jateng dan Yogyakarta, guna memotivasi mereka agar giat belajar dan menempa diri.
Gubernur TGB menyampaikan kagum pada kemajuan pendidikan di india, dimana india memiliki banyak inventor. Bahkan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, India mengalami perkembangan teknologi sangat cepat, ujarnya.
Dilihat dari sejarah, kata TGB, Indonesia dan India tekah memiliki hubungan erat sejak sebelum kemerdekaan. Dan bahkan masyarakat Indonesia dan India dalam beberapa sisi memiliki banyak kesamaan, papar Gubernur..Dalam proses kemerdekaan RI, negara India adalah negara pertama yang memberi pengakuan. Namun bedanya India dalam sejarah kolonialisme, Inggris mengajarkan India, sedangkan apa yang dilakukan Belanda terhadap Indonesia adalah benar-benar menjajah.
“Kami berharap program beasiswa yang ditawarkan India akan dapat dimanfaatkan memperkuat kemajuan pendidikan di NTB,” harapnya.
Komjen India, Sunil Babu menanggapi sambutan hangat TGB, mengungkapkan hubungan India Indonesia, selain diwujudkan dalam bidang kerjasama pendidikan dan kebudayaan, juga hubungan antar masyarakat kedua negara semakin erat, dengan makin berkembangnya sektor pariwisata. Masyarakat India yang melancong ke Indonesia, termasuk NTB terus meningkat, ujarnya.
“Seperti anda katakan, Indonesia dan India memiliki banyak kesamaan, maka dibidang pariwisata dan kunjungan masyarakat India ke Indonesia juga semakin erat,” terang Sunil.
Komjen India ini, kemudian melanjutkan kunjungan kerjanya di NTB untuk menngunjungi kampus Muhammadiyah Mataram. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...