Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

IKATEK Unhas dan UTS Bahas Sertifikasi Insinyur

Pertemuan IKATEK Unhas Bali Nusara dengan Civitas UTS, Minggu.

Sumbawa, Bimakini.-  Ikatan Alumni Teknik (IKATEK) Universitas Hasanudin (Unhas) dan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menyepakati soal sertifikasi insinyur. Kesepakatan itu tercapai saat kunjungan IKATEK Unhas ke kampus tersebut,  Minggu (7/5/2017).

Pengurus Wilayah (PW) IKATEK Unhas, Bali-Nusra diterima langsung oleh Rektor UTS, Dr Andy Tirta, M.Sc, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Kiki Yulianto, M.P, Dekan Fakultas Bioteknologi, Andi Baso Manguntungi, S.Si, M.Si, serta staff UTS.

Ketua PW IKATEK Unhas Bali Nusra, Hadi Santoso, ST, MM, didampingi Ir. Syamsul Ma’arif (Dewan Pembina), Trisman, ST (Wakil Ketua II),  Anwar Ibrahim, ST (Wakil Ketua I), Firman, ST (Wakil Sekretaris) serta pengurus lainnya.

Dalam pertemuan itu, menilai pentingnya profesinalisme insinyur dalam era MEA dan pasar global saat ini. “Sertifikasi insinyur profesional menjadi hal krusial. Harus menjadi fokus kita bersama. Pengurus Pusat IKATEK Unhas telah membuat MoU dengan PII Pusat. Untuk terlibat aktif dalam kegiatan sertifikasi dimaksud. Hal ini, akan lebih optimal jika bisa bergandengan tangan dengan kampus yang memiliki background insinyur, seperti UTS ini,” jelas Hadi Santoso.

Hal itu mendapat respon langsung dari Rektor UTS, Dr Andy Tirta, M.Sc. Meyatakan persetujuannya untuk terlibat aktif dalam proses sertifikasi insinyur tersebut. “Dengan senang hati kami terima tawaran kerjasama ini. Kami siap menjadi tuan rumah. Insya Allah, aula kampus kami cukup representatif. Dan kami akan mengoptimalkan sosialisasi agar peserta bisa optimal,” ujar alumnus Program Doktoral Korea Selatan ini dengan semangat.

Akhirnya, disepakati kegiatan sertifikasi insinyur atau Lokakarya Sertifikasi Insinyur Profesional (LSIP) untuk tingkat Provinsi NTB digelar Sabtu, 20 Mei 2017 mendatang di Aula UTS Sumbawa. Kedua pihak membuat kepanitiaan bersama untuk menyiapkan kegiatan itu.

Kegiatan nanti akan menghadirkan Dewan Pendiri UTS, Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc, yang juga Wakil Komisi XII DPR RI.

Kualitas pembagunan infrastruktur dan suprastruktur di Provinsi NTB, mengemuka dalam diskusi kedua belah pihak.

Pengurus IKATEK Unhas Bali Nusara saat diajak keliling kampus oleh Dr H Zulkiflimansyah.

Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc mengatakan tidak ada kemajuanbangsa, tanpa pendekatan teknologi dan industri. Sehingga, peningkatan kualitas SDM, khususnya di Provinsi NTB, berbasis profesioalisme insinyur, menjadi sangat urgent.

“Itulah alasan mendasar lahirnya Undang-undang Nomor 11 tahun 2014 tentang keinsinyuran,” ujar peraih gelar Doktoral bidang ekonomi industri, dari Kerajaan Inggris ini.

Untuk itu, menurut Zulkieflimansyah, sertifikasi insinyur professional di Provinsi NTB harus dilakukan secara terencana, serius dan berkesinambungan. Kerjasama lintas sektoral, perlu didorong untuk mempercepat pencapaian target tersebut.

“Saya sangat apresiatif atas kerjasama ini. Bila perlu kita carikan sponsor untuk kegiatan tersebut. Sehingga, lebih banyak insinyur yang bisa mengikuti kegiatannya,” sambung pria yang akrab disapa Bang Zul itu.

Rombongan juga diajak keliling melihat berbagai fasilitas kampus. Mulai ruangan kelas yang bersih dan mewah. Galeri investasi Bursa Efek Indonesia. Bangunan Sumbawa Techno Park (STP). GOR dan area taman belajar terbuka yang sedang dalam tahap pembangunan, yang targetnya diresmikan oleh Presiden Jokowi pada September 2017 mendatang.

“Itu bangunan asrama mahasiswa. Menampung 600-an mahasiswa dari seluruh Indonesia. Bangunan tertinggi di Sumbawa, karena hanya kami yang berlantai empat. Di sini berkumpul para hafidz-hafidzah dari berbagai penjuru Indonesia. Ini lah komitmen kami. Membangun pendidikan berbasis teknologi dari Indonesia Timur,” jelas mantan Ketua Umum BEM UI ini.

UTS, kata dia, bukan hanya membangun jiwa dan skill teknologinya, tapi juga rohani. “Karena, kecerdasan teknologi tanpa moral, hanya akan mendatangkan kehancuran bagi negeri ini,” pungkasnya. (BK25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Zulkieflimansyah, didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir. H. Ridwansyah, M. SC. dan Kalak BPBD NTB,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dinilai menjadi salah satu Kabupaten di Provinsi NTB yang paling cepat menjalankan program industrialisasi. “Kabupaten Sumbawa Barat adalah...

NTB

Mataram, Bimakini.- Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) telah berhasil mengembangkan motor listrik yang ramah lingkungan. Motor ini membuktikan bahwa anak NTB mampu menciptakan sesuatu yang...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, memompa semangat para lulusan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Minggu (1/3/2020). Hadir bersama istri, Hj. Niken Saptarini Widyawati,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Guna meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) melakukan kolaborasi riset dengan para peneliti dari mancanegara. Hal itu ditandai...