Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Jaga Kemitraan, Kapolres Tindak Oknum Polisi yang Rampas Kamera Jurnalis

Suasana pertemuan wartawan Bima dengan Kapolres Bima Kabupaten, AKBP M Eka Fathurrahman, SIK.

Bima, Bimakini.- Kapolres Bima Kabupaten, AKBP M Eka Fathurrahman, SIK memerlihatkan sikap tegas terhadap anggota polisi yang menghalangi tugas jurnalis. Oknum polisi yang merampas kamera wartawan saat meliput demo, Kamis (24/5/2017) diproses.
Bahkan saat sejumlah jurnalis Bima bertemu dengan Kapolres diruangannya, oknum anggota polisi itu dihadirkan. Dihadapan jurnalis dan Kapolres mengakui jika mengambil kamera dan menghapus semua filenya.
Meski mengakui perbuatannya, namun Kapolres memerintahkan agar anggota yang baru dua bulan menjadi polisi ini menjalani sidang disiplin. Provos saat itu langsung diminta untuk memerikaa yang bersangkutan.
“Saya tidak ingin institusi tercederai dengan sikap anggota yang tidak memahami tugas jurnalis,” ujarnya, Kamis (25/5/2017).
Padahal, kata dia, selama ini sudah terbangun sinergitas antara Polres Bima Kabupaten dengan jurnalis. Bahkan memiliki jadwal rutin Futsal bersama.
“Apa yang terjadi saya yang salah, tapi jangan digeneralisir semua polisi seperti itu. Ini karena anggota baru yang belum memahami tugasnya, apalagi baru dua bulan menjadi polisi,” ujarnya.
Sanksi disiplin ini, kata dia harus tetap diberikan, agar tidak terulang kembali. “Tetap akan bertindak secara administrasi dan ada sidang kode etik disiplin. Semua tindakan harus ada SOP, ini di luar SOP,” ungkapnya.
Sementara itu itu wartawan Bima, Rijal berharap ini jadi pembelajaran bersama dan tidak terulang lagi. Kemitraan yang sudah terjalin dapat tetap dijaga.
Demikian juga diungkapkan, Pimpinan Umum Bimeks, Sofiyan Asy’ari. Jurnalis bekerja berdasarkan UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers. Hal ini harus dapat dipahami oleh semua stakeholder.
Selian itu harapnya, jurnalis dalam menjalankan profesinya menaati kode etik jurnalistik. (BK25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) NTB silaturahmi dengan pimpinan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota dan Kabupaten Bima, Selasa 2 Januari 2023. Silaturahmi...

Hukum & Kriminal

Mataram, Bimakini.- Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) Nusa Tenggara Barat resmi dideklarasikan pada, Sabtu (30/9). Tugas dan fungsi Komite adalah melakukan pendampingan secara kolektif atas...

Hukum & Kriminal

Mataram, Bimakini.- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram mengecam tindakan Coorporate Secretary Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang mengintervensi pemberitaan jurnalis saat meliput kunjungan Menteri...

Hukum & Kriminal

Mataram, Bimakini.– Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram mengecam tindakan perwira Polresta Mataram merampas dan menghapus video hasil liputan Jurnalis TribunLombok.com, Robi Firmansyah saat meliput...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram mengecam tindakan intimidasi terhadap Jurnalis TribunLombok, Atina oleh oknum pegawai kontrak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanam...