Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

NTB Kaya dengan Beras dan Jagung

Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak, pada acara Panen Raya Padi dan Serapan Gabah di Dusun Tatar, Desa Nyiur Lembang Narmada, Lombok Barat, Selasa (9/5/2017).

Mataram, Bimakini.- Provinsi NTB adalah daerah yang sangat potensial untuk pengembangan sektor pertanian. Maka tak heran, jika NTB dikenal sebagai lumbung pangan dan ditetapkan sebagai salah satu daerah pendukung kedaulatan pangan nasional.

Selain itu, Provinsi NTB merupakan peringkat kelima sebagai sentra penghasil beras nasional dari tujuh daerah yang menjadi sentra di Indonesia. Tak hanya itu, NTB juga dikenal sebagai daerah penghasil komoditas jagung.

Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak, pada acara Panen Raya Padi dan Serapan Gabah di Dusun Tatar, Desa Nyiur Lembang Narmada, Lombok Barat, Selasa (9/5/2017).

Disampaikan, TNI memiliki komitmen besar untuk mewujudkan Indonesia yang berkedaulatan pangan. Hal itu telah dibuktikan dengan kerja keras TNI yang menghentikan impor beras selama dua tahun ini.

“Kami diberikan waktu selama lima tahun, namun Alhamdulillah berkat kerjasama Pemerintah dan TNI bersama petani yang solid, baru dua tahun berjalan TNI sudah berhasil swasembada pangan, hal itu dibuktikan dengan tidak ada lagi impor beras dari negara lain,” ujarnya.

Pangdam IX/Udayana berpesan, untuk membantu para petani maka TNI melalui Babinsa akan selalu hadir ditengah masyarakat untuk memberikan penyuluhan dan pendampingan. Para petani pun diminta proaktif bekerjasama sekaligus bisa menjadi intel TNI, jika ada oknum atau ada pihak-pihak yang melakukan penyelewengan di lapangan. “Jangan segan-segan untuk melapor,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH., M.Si yang hadir dalam panen raya mengatakan, pada tahun 2017 ini, NTB ditargetkan mampu memperluas areal tanam jagung hingga 400 ribu hektar dengan perkiraan total produksi sebesar 2,5 juta ton. Pemerintah pun optimis target tersebut bisa tercapai dan memberikan dampak yang baik bagi peningkatan kesejahteraan petani.

Pastikan Gabah Petani Terserap
Sementara itu, terbentuknya Tim Serap Gabah Petani (Sergap) yang beranggotakan Bulog NTB, Dinas Pertanian Provinsi NTB dan instansi terkait lainnya, menjadi kabar baik bagi kemajuan pertanian di NTB. Tim ini akan bertugas untuk memastikan produksi gabah petani terserap sesuai dengan Harga Pokok Penjualan (HPP) sebesar 3.700 di tingkat petani.

“Jika ada yang membeli gabah dibawah HPP atau di atas HPP yang tidak wajar, petani jangan segan untuk melapor kepada Tim Sergap. Pemerintah melalui tim sergap bersama jajaran akan menindaklanjuti laporan para petani tersebut,” kata Wagub H. Muh. Amin.

Wagub berharap, terbentuknya tim Sergap diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mencapai target swasembada pangan nasional. Selain itu, juga akan mampu menyerap hasil produksi gabah petani sampai dengan 100 persen.

Selain padi, NTB juga dikenal sebagai daerah produsen jagung. Selama tiga tahun terakhir, pertumbuhan produksi kedua komoditas unggulan NTB ini terbilang sangat menggembirakan. Meski begitu, berbagai kendala masih harus dihadapi petani. Diantaranya, perubahan iklim maupun faktor-faktor lain yang bisa berpengatuh terhadap produksi komoditas pangan di NTB.

“Petani harus selalu siaga dalam mengantisipasi potensi yang dapat terjadi terhadapa tanaman pangan, dari potensi kebanjiran dan serangan organisme penggangu lainnya,” kata Wagub.

Selain memberikan apresiasi kepada para petani, Wagub juga memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat dan jajaran TNI yang sangat konsisten dalam mendukung kebijakan peningkatan produksi pertanian. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Kinerja Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc., disorot dan dikritik Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu. Pasalnya, sejak...

NTB

Mataram, Bimakini.- Kabar gembira bagi seluruh masyarakat Provinsi NTB yang bercita – cita menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...

NTB

Mataram, Bimakini.- Kunjungan kerja Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama jajarannya ke Pulau Dewata, pada minggu ketiga Desember 2020 lalu ditindaklanjuti serius oleh Pemprov...

NTB

Mataram, Bimakini.- Pemerintah Provinsi NTB dengan Pemerintah Kabupaten/Kota terus memperkuat komitmen untuk melakukan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) secara terstruktur dan terukur, setelah...

NTB

Mataram, Bimakini.- Inflasi di Provinsi NTB bulan Oktober 2020 masih tetap terkendali. Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik ( BPS) NTB, inflasi gabungan Kota Mataram...