Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Polisi Ini Suapi Orang Gila dan Ajak Makan Anak Jalanan

Babinkantibmas Desa Mpili Kecamatan Donggo,  Muhammad Rivaldi, ini saat memberi makan orang tidak waras.

Bima, Bimakini. – Apa yang anda lakukan jika bertemu dengan orang yang tidak waras atau (maaf, red) gila, pengemis dan juga anak-anak jalanan? Mungkin sebagian dari kita ada yang langsung mengerutkan dahi karena takut, bahkan merasa jijik.

Upz, tapi tidak dengan sosok polisi yang satu ini. Sosok polisi muda bernama Muhammad Rivaldi Pradana ini, bahkan merangkul mereka yang dipandang sebelah mata itu dengan sepenuh hatinya.
Dana, sapaan polisi yang dipercaya menjadi Bhabinkantibmas di Desa Mpili Kecamatan Donggo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat ini, bahkan langsung menyuapkan makanan berupa nasi dan lauk yang dibelinya.
Seperti yang dilakukan pada pengemis tuna netra yang biasa mengharapkan belas kasihan di depan kantor BRI Cabang Raba – Bima. Tidak itu saja, polisi muda yang kini juga tengah kuliah di salah satu kampus swasta di Bima ini, juga menyuapi orang tidak waras di kompleks pasar Raya Bima.

Sementara pada anak-anak jalanan yang biasa meminta-minta di kawasan sekitar kompleks pasar Raya Bima, juga memboyongnya ke tempat makan yang selama ini diidamkan, yakni di KFC.

Lalu bagaimana respon para pengemis dan orang tidak waras tersebut? Mereka nampak senang, bahkan terlibat percakapan yang cukup seru bak dua sahabat atau saudara kandung. Begitu pula anak-anak jalanan yang ‘‘digiringnya’’ ke KFC, girang bukan kepalang lantaran mengaku tidak pernah menikmati hidangan yang dinilai mereka tergolong mahal tersebut.

Perbuatan ini dilakukan polisi muda berusia 23 tahun ini, semata-mata untuk berbagi ke sesama dengan uang hasil keringatnya sebagai seorang polisi meskipun tidak rutin. ‘’Saya ingin berbagi kebahagiaan saja ke mereka ini. Karena mereka itu manusia sama halnya dengan saya dan yang lainnya,’’ ucap lirih pria asal Lingsar, Lombok Barat NTB ini.
Dia juga berharap selain dirinya, ada lagi yang lebih peduli terhadap nasib mereka, terlebih kepada rekan sesama polisinya. ‘’Apalagi mereka ini kan jarang sekali orang yang perhatikan dan bahkan dipandang sebelah mata. Toh mereka juga ini mahluk ciptaan Allah,’’ ingatnya.

Selain menjadi pelindung dan pelayan masyarakat, polisi muda ini juga saban harinya mengabdi dengan mengajarkan membaca Alqur’an atau mengaji kepada anak-anak di desa binaannya di Desa Mpili, Kecamatan Donggo. Ia juga terlibat aktif berbaur dengan masyarakat binaannya, mulai mengajar di sekolah, ikut menggali makam warga yang meninggal hingga ikut mengangkat keranda mayat dan lainnya.

Kedepan dia bermimpi, ingin membangun perpustakaan di desa binaannya dan menjadikan perpustakaan keliling yang diutamakan kepada anak-anak serta orangtua yang belum bisa membaca dan menulis. ‘’Semoga bisa terwujud dan jika ada mau yang ikut bergabung bersama seperti menyumbangkan buku dan lainnya, silahkan,’’ pintanya. (CBK02)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Peran aktif para Bhabinkamtibmas pada Polsek, yang menyentuh langsung dengan masyarakat diharapkan lebih aktif dan responsif dalam menangani masalah, serta mendeteksi dini setiap...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak pandemi covid-19, Polsek Madapangga Polres Bima Polda NTB, membagikan bantuan sembako kepada para tukang ojek di Desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kabar duka menerpa Institusi Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Bima. Bhabinkamtibmas Desa Kore, Aipda Junaidin, meninggal dan dimakamkan secara kedinasan di TPU desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini. – Sepuluh orang warga Dusun Anggrek Desa Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima mendapat bantuan beras, dari Babinkantibmas Aipda Ihwan yang bertugas di...

Peristiwa

Bima, Bimakini. – Pasangan suami istri di RT 03 Dusun Bante, Desa Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, dibantu dirawat seorang Babinkamtibmas, AIPDA Ihwan. Pasutri...