Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Rabangodu Selatan Dinilai Tim Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi NTB

Ketua Tim Penilai Lomba Kelurahan Terintegrasi Tingkat NTB saat disambut di Rabangodu Selatan, Senin.

Kota Bima, Bimakini. – Rabangodu Selatan, Senin (8/5/2017) dinilai tim Lomba Kelurahan Terintegrasi tingkat Provinsi NTB. Rabangodu Selatan sebelumnya terpilih menjadi juara satu lomba Kelurahan tingkat Kota Bima.

Ketua Tim Penilai Provinsi NTB H. Rustam, SH, MH disambut Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE, Ketua GOW Kota Bima Ny. Badrah Ekawati, Asisten I Setda Kota Bima Drs. M. Farid, M.Si, Staf Ahli Walikota Bima Ir. Darwis, perwakilan TNI dan Kepolisian, perwakilan organisasi wanita dan pemuda, serta masyarakat.

Lurah Rabangodu Selatan, Nur Karimah menyampaikan selayang pandang Kelurahan Rabangodu Selatan. Disampaikannya, visi Kelurahan Rabangodu Selatan adalah “Sejahtera dan Mandiri”. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan sangat besar, terutama dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

H. Rustam, SH, MH menyatakan visi ini menarik. “Kata ‘sejahtera’ setidaknya dilihat dari tiga indikator yaitu, berpendidikan, sehat dan berkecukupan. Saya berharap kondisi di lapangan akan benar-benar menunjukkan bahwa visi ‘Sejahtera dan Mandiri’ ini terwujud dengan baik”, katanya.

Dia menjelaskan, tim penilai beranggotakan 30 orang termasuk dirinya, berasal dari berbagai instansi antara lain dari Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), serta Badan Kesatuan Bangsa dan Poltik Dalam Negeri (Kesbangpoldagri).
Dijelaskannya, ada tiga bidang yang dinilai yaitu pemerintahan, kewilayahan, serta kemasyarakatan. Untuk bidang kemasyarakatan, penilaian mencakup aspek partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, PKK, keamanan dan ketertiban serta tanggap siaga bencana, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan serat peningkatan kapasitas masyarakat.

“Untuk bidang Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), sebenarnya keberadaan lurah perempuan sendiri sudah menunjukkan bahwa program ini berhasil dengan baik”, kata Ketua Tim Penilai.

Wakil Walikota, H A Rahman H Abidin, SE menyampaikan tujuan utama lomba kelurahan sebenarnya adalah untuk membangun kembali semangat swadaya, gotong royong, dan partisipasi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari penataan lingkungan, pembangunan keluarga, hingga penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Tim saat menilai.

Penilaian dan predikat juara adalah reward yang diharapkan. Namun target akhir yang kita kejar adalah terwujudnya kelurahan yang bersih, sehat, maju, dan sejahtera.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata dia, seluruh masyarakat harus ikut terlibat. Lurah dalam melaksanakan tugas pokoknya tidak akan dapat berhasil dengan baik, apabila dikerjakan sendiri tanpa melibatkan unsur masyarakat seperti LPM, Karang Taruna, PKK, Lembaga Adat, RT dan RW.

Acara dilanjutkan dengan penilaian dan peninjauan lapangan oleh Tim Penilai didampingi tim pendamping dari jajaran instansi terkait lingkup Pemerintah Kota Bima. (BK25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Rombongan tim penilai Lomba Kelurahan Terintegrasi Tingkat Provinsi NTB di Kelurahan Rite Kota Bima, Jum’at (22/6) pagi disambut meriah warga. Begitu...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Rombongan tim penilai lomba kelurahan tingkat NTB sudah tiba di Bima untuk penilaian di Kota Bima.  Kelurahan Rite yang menjadi duta...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Untuk ke-5 kalinya secara beruntun Kecamatan Raba menempatkan wakilnya meraih juara umum lomba Kelurahan Terintegrasi tingkat Kota Bima. Tahun  2019 ini,...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kelurahan Rite, menjadi penitup bagi penilaian Lomba Kelurahan Terintegrasi tingkat Kota Bima 2019. Tim penilai  menyambangi Kelurahan Rite, Kecamatan Raba, Rabu...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Setelah berkunjung dan menilai di Kelurahan Pane dan Kodo, kini tim penilaian lomba kelurahan terintegrasi tingkat Kota Bima bertandang ke Kelurahan...