Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tingkatkan Pelayanan, ASN Ikuti Diklat

Wawali, H A Rahman saat menyematkan tanda peserta Diklat ASN.

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Walikota H. A. Rahman H. Abidin, SE, membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pelayanan Prima untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Bima. Kegiatan  dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bima.

Kegiatan yang digelar di aula kantor Walikota Senin, (22/5/2017) dihadiri Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Peserta berjumlah 40 orang, diprioritaskan dari OPD pelayanan. Masing-masing mengutus dua pegawai, Kantor Kecamatan satu peserta.

Kepala BKSDM Kota Bima Drs. Supratman mengatakan diklat dilaksanakan selamaempat hari, 22 -25 Mei 2017. Narasumber dari unsur Widya Iswara Provinsi NTB serta perwakilan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN – RB).

Materi diklat, kata dia, antara lain tentang Building Learning Commitment, Good Governance, Standar Mutu Pelayanan, Komunikasi Efektif, Budaya Kerja, serta Pelayanan Prima.

Wakil Wali Kota Bima, H A Rahman H Abidin mengapresiasi penyelenggaraan diklat ini. Dikatakannya, kegiatan pelayanan merupakan ruhnya penyelenggaraan pemerintahan.

Selama dua tahun terakhir banyak sumberdaya dan usaha yang dikerahkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Mulai dari membuat MoU dengan Ombudsman, asistensi dengan Kementerian PAN – RB, hingga studi tiru ke kampus yang memang mengajarkan budaya hospitality atau budaya keramahan dalam pelayanan.

Kota Bima yang tadinya masuk zona merah untuk kualitas pelayanan publik, tahun lalu telah berhasil naik ke zona hijau. Kondisi ini harus bisa kita pertahankan”, katanya.

Untuk mewujudkan pelayanan terbaik, Wakil Walikota mengarahkan delapan langkah untuk dilaksanakan oleh OPD lingkup Pemerintah Kota Bima. Yaitu kesatu, perubahan paradigma dan mindset aparatur pemerintah. Yang tadinya ingin dilayani, sekarang harus mau menempatkan diri sebagai pelayan masyarakat.

Kedua, kata dia, penyusunan dan penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Ketiga, penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP). Keempat, melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kebijakan yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah sehubungan dengan pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Kelima, lanjutnya, melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala. Keenam, memberikan penghargaan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berprestasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ketujuh, optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi (IT) dan melakukan inovasi secara terus menerus. Kedelapan, inventarisasi keluhan dan harapan masyarakat dan lakukan perbaikan segera.

Diharapkannya kegiatan diklat ini semakin membuka wawasan ASN agar bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Acara pembukaan diakhiri dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Wakil Walikota. (BK32)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, mengajak seluruh pegawai lingkup Setda Bima, tetap meningkatkan semangat bekerja, mengedepankan pikiran positif dan tidak...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah sebagai penyelanggara pelayanan publik harus memiliki standar pelayanan yang berkualitas dan bermutu. Hal itu ditegaskan Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri,...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Ada jurus baru yang akan dilakukan Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE dalam meningkatkan disiplin pegawai. Yakni, akan  memberikan rompu khusus...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, untuk pertama kalinya  memimpin apel di Kantor Baru di Dusun Godo, Desa Dadibou, Kecamatan Woha, Senin...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan, MPd mengimbau pada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk lebih meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Selain...