Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Upacara Hardiknas, Bupati Bima Paparkan Ini

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri saat menjadi inpektur upacara Hardiknas, Selasa.

Bima, Bimakini.- Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri mernjadi inspektur upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di halaman persiapan kantor Bupati Bima Desa Dadibou, Kecamatan Woha, Selasa (2/5/2017). Bupati membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dan dilanjutkan sambutan Bupati Bima.

Saat itu, bupati menyampaikan program pembangunan di Kabupaten Bima. Salah satunya, program dalam rangka meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama Islam bagi masyarakat muslim di Kabupaten Bima.

“Gagasan program tersebut adalah gerakan pesantren sehari atau disingkat GPS yang merupakan integritas dari kegiatan keagamaan dalam program kerja pemda,” jelasnya.

Lanjut dia, gerakan pesantren sehari ini merupakan tindak lanjut dan penjabaran dari visi-misi “BIMA RAMAH” yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Bima tahun 2016 – 2021. “Program GPS ini insya Allah akan dituangkan dalam sebuah peraruran Bupati Bima yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk akrif dalam kegiatan keagamaan melalui gerakan pesantren sehari,” terangnya.

GPS juga, kata dia, bertujuan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengalaman masyarakat tentang ajaran agama Islam, Juga  pendalaman, pemantapan, peningkatan penghayatan ajaran agama Islam, khususnya Alquran, keimanan, ibadah, serta akhlak.

“Semua itu untuk membangun akhlak, sikap, perilaku dan karakter peserta didik dan masyarakat berdasarkan nilai nilai Alquran dan As-Sunnah,” ujarnya.

 

Pelaksanaan kegiatan GPS bagi masyarakat, dilaksanakan minimal satu kali dalam setiap bulan dengan rangkaian kegiatan yaitu sholat Ashar berjamaah dilanjutkan dengan zikir dan doa, sholat magrib berjamaah bersama dilanjutkan dengan ceramah agama atau ta’lim sholat isya berjamaah dilanjutkan dengan tadarusan Alquran dan sholat subuh berjamaah dilajutkan dengan ceramah agama atauu ta’lim.

GPS di kalangan pendidikan, kata dia, dilaksanakan di masing-masing sekolah dan perguruan tinggi di Kabupaten Bima. Program ini minimal sekali sebulan dengan format sholat berjamaah, zikir dan doa.

“Saya selaku Kepala Daerah meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk melaksanakan seluruh program GPS ini dengan sungguh – sungguh mulai dari Pemerintah Desa, Camat dan pemangku pendidikan,” jelasnya.

Dikatakannya, bersama Wakil Bupati Bima, akan mengawasi pelaksanaan  program ini. Nantinya akan ada evaluasi setelah berjalan. (BK34)

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Ada unik dilakukan Sekolah Dasar (SD) Negeri 59 Rasalewi Kota Bima saat menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Kasat Pol PP H. Sumarsono, MH, meminta maaf atas kesalapahaman melibatkan beberapa guru dan anggota Pol PP, saat upacara Hardiknas di halaman...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Momentum upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Bima, Kamis (2/5) diwarnai kericuhan.  Kericuhan terjadi antara guru dan anggota Sat Pol PP....

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, melakukan dialog dengan perwakilan Ketua OSIS SMA, SMK dan SLB se NTB, usai upacara peringatan Hari Pendidikan...