Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Wagub Amin Ingin Rute Brunei – Lombok Terwujud

Executive General Manager Royal Brunei Airlines, Brett McDougall saat menemui Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH., M.Si., di ruang kerja Wagub, Senin (8/5/2017).

Mataram, Bimakini.- Pariwisata NTB saat ini menarik perhatian banyak kalangan. Tidak hanya penikmat pariwisata, dunia penerbanganpun begitu tertarik manjajaki penerbangan ke NTB, khususnya di Lombok.

Royal Brunei Airlines contonhnya. Maskapai penerbangan milik Brunei Darussalam itu berencana membuka rute baru tahun ini. Hal itu disampaikan Executive General Manager Royal Brunei Airlines, Brett McDougall saat menemui Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH., M.Si., di ruang kerja Wagub, Senin (8/5/2017).

Sebagai langkah awal, pihak maskapai tersebut akan melakukan study lebih lanjut, khususnya terkait market study. Study tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh potensi yang dimiliki NTB saat ini mendukung pembukaan jalur penerbangan tersebut. Namun, dia mengaku sudah banyak mendapatkan informasi terkait pariwisata NTB. Informasi tersebut diperolehnya dari Dinas Pariwisata NTB dan travel-travel agent.

“Saat ini, Royal Brunei baru memiliki tiga rute penerbangan di Indonesia, yaitu ke Jakarta, Surabaya, Denpasar. Kalau ini sukses, Lombok akan jadi destinasi ke-empat kami,” ungkapnya.

Lebih lanjut Brett memamparkan bahwa ada beberapa destinasi yang ingin dimasuki oleh Royal Brunei, dan Lombok adalah salah satunya. Mereka melihat ada banyak kesempatan rute penerbangan yang ada yaitu dari Lombok ke Jeddah dan peluang-peluang market China, bahkan dari Eropa untuk masuk ke Lombok.
Selain itu, market study ini juga sebagai permakluman, karena pihaknya tidak ingin seperti penerbangan lain yang masuk ke satu destinasi kemudian dalam waktu dekat langsung menghilang. Justru yang diinginkan penerbangan ini nantinya akan berlangsung lama.

Dari informasi yang diperolehnya, wisata halal NTB dengan negara lain, seperti Brunei memiliki cukup banyak kesamaan baik dari kultur maupun agamanya. “Tentu ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Lombok. Turis dari Brunei juga mungkin akan merasa lebih nyaman berlibur ke daerah ini karena predikat wisata halal yang disandang NTB,” tuturnya.

Wakil Gubernur menyambut baik rencana ini, karena Pemerintah Provinsi NTB sedang gencar-gencanya mengampanyekan pariwisata halal, khususnya kepada wisatawan asal Timur Tengah dan negara-negara lain yang berpenduduk mayoritas muslim. “Kami sekarang ini juga sedang menjajaki kemungkinan untuk menambah rute penerbangan dalam dan luar negeri,” ungkap Wagub.

Wagub menjelaskan, penambahan rute penerbangan tersebut memiliki kaitan erat dengan perkembangan industri pariwisata di NTB. Wagub mengaku angka kunjungan wisatawan terus mengalami peningkatan baik dari turis domestik maupun luar negeri. “Ini juga menambah dan mempermudah jalur masuknya investasi bisnis untuk daerah kami ke depannya,” tuturnya.

Wakil Gubernur berharap rencana tersebut tidak sekedar wacana, akan tetapi nantinya ada wujud nyata rute penerbangan ini bisa dibuka di Lombok. “Saya rasa ini adalah pembahasan yang sangat baik dan progresif untuk langkah awalnya,” Untuk pembahasan lebih mendalam, Wagub meminta Brett dan jajarannya untuk menginformasikan pemerintah daerah hasil study dan diskusi pihak maskapai di kantor pusat. “Kita berharap agar rencana ini bisa lebih konkrit,” pungkasnya. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Kinerja Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc., disorot dan dikritik Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu. Pasalnya, sejak...

NTB

Mataram, Bimakini.- Kabar gembira bagi seluruh masyarakat Provinsi NTB yang bercita – cita menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...

NTB

Mataram, Bimakini.- Kunjungan kerja Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama jajarannya ke Pulau Dewata, pada minggu ketiga Desember 2020 lalu ditindaklanjuti serius oleh Pemprov...

NTB

Mataram, Bimakini.- Pemerintah Provinsi NTB dengan Pemerintah Kabupaten/Kota terus memperkuat komitmen untuk melakukan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) secara terstruktur dan terukur, setelah...

NTB

Mataram, Bimakini.- Inflasi di Provinsi NTB bulan Oktober 2020 masih tetap terkendali. Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik ( BPS) NTB, inflasi gabungan Kota Mataram...