Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Gubernur NTB Bicara Tentang Pemimpin di Bandung

Gubernur NTB, H Zainul Majdi saat menjadi pembicara di Bandung, Jawa Barat.

Mataram, Bimakini.- Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) mengundang Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi, untuk mengisi acara Inspirasi Ramadhan (IRAMA) sebagai salah satu acara unggulan menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriyah, Minggu (4/6-2017).

Pada kegiatan yang di pusatkan di Masjid Salman ITB tersebut, Gubernur NTB yang lebih akrab disapa TGB tampil membawakan materi “Melayani Rakyat dengan Berlandaskan Alquran”. Didampingi Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, Gubernur NTB yang juga ahli Tafsir Alquran menguraikan 10 tugas pemimpin yang harus dijalankan secara amanah. Menurut TGB, pemimpin harus dapat merangkum dan meringkas keseluruhan apa yang ada dalam dirinya. Dari sepuluh tugas pemimpin itu, pertama adalah memelihara agama dan memelihara makhluk hidup yang ada muka bumi. “Mahluk hidup tidak boleh di eksploitasi karena mereka mendukung keseluruhan semesta alam ini sebagai hamba Allah,” tandasnya.

TGB juga mengingatkan, seorang pemimpin tidak cukup hanya menggariskan kebijakan, hanya memerintah bawahan. “Tetapi dia harus datang setiap saat menjangkau ujung-ujung paling jauh dari wilayah yang diamanatkan oleh Allah untuk melihat keadaan rakyat,” tutur Tuan Guru Bajang dihadapan ribuan mahasiswa yang antusias menunggu tausiah dari seorang Doktor ilmu tafsir lulusan Mesir dengan predikat summa coume loude.

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh mahsiswa dan civitas akademika ITB saja, tetapi juga mahasiswa dan civitas akademika kampus-kampus lain disekitarnya seperti, UPI, UNPAD, UNIKOM serta para Guru Besar dan PNS lainnya.

Menurut Gubernur TGB, Masjid Salman ITB memiliki sejarah yang panjang. Karenanya Ia merasa bersyukur dapat duduk bersama di masjid yang bersejarah itu, bersama para mahasiswa dan kaum intelektual dalam rangka meletakkan satu bagian dalam proses pembangunann ummat di indonesia yang luar biasa.
TGB mengajak jamaah yang hadir untuk bersyukur menjadi bagian dari institusi yang luar biasa hebat ini. Ia juga mengingatkan bahwa poros umat Islam adalah masjid, kemudian menyebar kemana saja, dalam bentuk apa saja yang penting membawa kebaikan dan kemaslahatan. “Tetapi tetap diikat dalam satu proses mengingat dan menghambakan diri kepada Allah SWT,” ujarnya.

Mengenai kepemimpinan, menurut Gubernur TGB, kepemimpinan yang terbaik bukanlah kepemimpinan yang strukturalistik semata, tetapi juga kepemimpinan yang fungsional. Pemimpin harus dapat merangkum dan meringkas keseluruhannya.

Ditegaskannya, pemimpin dalam Islam harus berkhidmat menjadi seorang pemimpin dan bukan sekedar aksesoris, bukan juga pencitraan, bukan pula hanya penyempurna pelipur lara. Bagian utama dari tugas seorang pemimpin, tutur Tuan Guru Bajang adalah melihat semua dinamika yang ada di lapangan, sampai yang terjauh ditengah kehidupan masyarakat terbawah. “Begitulah alur bagaimana pemimpin melayani rakyat,” paparnya.

Selain itu tugas pemimpin adalah melakukan transpormasi, melakukan proses perubahan ke arah yang lebih baik. “Dan sudah banyak contoh tauladan kepemimpinan ideal yang ditunjukkan oleh nabi kita Muhammad SAW,” tandasnya.

Diakhir acara Gubernur NTB bersama jamaah melaksanakan buka bersama dan dilanjutkan sholat magrib secara berjamaah. Seusai melaksanakan sholat berjamaah, Gubernur TGB bersama rombongan melanjutkan safari ramadan ke PW. Muhammadiyah Prov. Jabar dan sempat memberikan kultum sesudah sholat isya, sebelum taraweh dimulai.(BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...