Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Jelang Lebaran, PLN Jamin Pasokan Listrik Lombok Aman

Manajer Sektor Pembangkitan Lombok, Dony Ocniza, mengecek kesiapan pasokan listrik.

Mataram, Bimakini.- Menjelang libur lebaran tahun 2017, pasokan daya listrik di Pulau Lombok dipastikan aman. Hal tersebut disampaikan General Manager PLN Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), Mukhtar saat melakukan Safari Ramadhan ke Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Ampenan dan Taman, Mataram, Jumat (16/6/2017).

Didampingi Manajer Sektor Pembangkitan Lombok, Dony Ocniza, Safari Ramadhan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan pasokan listrik dan personil menghadapi libur lebaran. “Pasokan daya untuk libur lebaran aman, tidak perlu khawatir kita punya cadangan daya di Lombok cukup besar, sekitar 40 (Megawatt) MW. Mudah-mudahan masyarakat bisa merayakan lebaran dengan nyaman,” kata Mukhtar dalam pernyataan persnya, Sabtu (17/6/2017).

Dikatakannya, dari kondisi ketersediaan daya, pembangkit di pulau Lombok mencapai 260 MW dengan beban puncak sebesar 220 MW. Cadangan daya sebesar 40 MW dinilai cukup untuk menghadapi libur lebaran. Bahkan jika seluruh pembangkit yang ada di pulau Lombok dioperasikan, maka pasokan daya mencapai 315 MW.

“Jadi bukan hanya untuk libur lebaran, untuk investor mulai industri, pembangunan hotel, dan kawasan wisata pun kami siap menyuplai listrik.” tutur Mukhtar.

Selain itu, GM PLN Wilayah NTB juga menjamin pasokan daya di Sumbawa dan Bima selama libur lebaran mencukupi. Untuk sistem Sumbawa saat ini memiliki daya mampu mencapai 47 MW dengan beban puncak sebesar 39 MW. Sementara untuk sistem Bima memiliki kapasitas pembangkit mencapai 50 MW dengan beban puncak mencapai 40 MW.

Selain itu, PLN memberikan diskon layanan Tambah Dayahingga 50 persen. Diskon ini berlaku hingga 31 Juli 2017 untuk pelanggan tegangan rendah mulai dari daya 450 Volt Ampere (VA) sampai 197 kilo Volt Ampere (kVA). Sementara untuk rumah ibadah, diskon sebesar 100 persen.

“Kami melihat kalo lebaran itu penggunaan listrik di rumah meningkat. Dari pada liburan terganggu, lebih baik tambah daya. Masyarakat kita berikan keringanan, yang mau tambah daya kita berikan diskon. Tapi tidak hanya sampai lebaran saja, diskonnya sampai 31 Juli 2017.” ujar Mukhtar.

Untuk mendapatkan diskon Program Gemerlap Ramadhan, pelanggan dapat melakukan penambahan daya melalui contact center PLN 123 atau datang langsung ke kantor pelayanan PLN terdekat. Daya baru akan menyala satu hari setelah seluruh persyaratan tambah daya terpenuhi.

Selain itu, pada Safari Ramadhan kali ini GM PLN NTB juga melakukan buka puasa bersama dan menyerahkan bantuan program bina lingkungan berupa bantuan sarana ibadah dan buku untuk 17 masjid di Lombok dengan total nilai 100 juta rupiah, serta santunan untuk 60 anak yatim. Untuk bantuan bina lingkungan, merupakan hasil kerjasama PLN Sektor Pembangkitan Lombok dengan PT Indonesia Power dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) DASI NTB. (BK25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Tepat saat perayaan HUT ke-77 RI, 17 Agustus 2022, PLN berhasil melakukan energize dan pengoperasian secara penuh jalur saluran udara tegangan tinggi...

Ekonomi

Jakarta, Bimakini.- PLN memastikan pendaftaran subsidi listrik bagi pelanggan rumah tangga daya 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA melalui situs web https://tokenpln.shop/index.php?app=PLN&data1ID=135 hoaks....

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Tagihan listrik di Kantor PDAM Kecamatan Bolo belum dibayar untuk November. Terkait hal itu, pihak PLN Cabang Bolo menyegel meteran, sekitar pukul...

NTB

Mataram, Bimakini.- Pemerintah Provinsi NTB menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan PLN tentang Penelitian dan Pengembangan Teknologi Sepeda Listrik Bima Electric Bicycle atau Matric-B,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Pemprov NTB sangat serius dengan upaya-upaya pengolahan sampah menjadi bahan bakar substitusi batubara di PLTU Jeranjang, Lombok Barat. Untuk memperkuat kerjasama penelitian...