Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Pemuda Harus Menjadi Titik Penggerak Kebaikan

Gubernur NTB, H Zainul Majdi saat Dialog Nasional di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi optimis bahwa pemuda Indonesia akan mampu menjadi penggerak kebaikan serta menempatkan diri pada titik sentrum perubahan bangsa. Optimisme tersebut didasarkan pada kiprah pemuda dalam sejarah Islam maupun kebangsaan Indonesia, yang selalu tampil pada titik sentrum perjuangan bangsa dan agama.

Dalam sejarah Islam, tutur Gubernur, pemuda itu identik dengan prestasi, perjuangan bahkan hal-hal yang hebat yang menjadi catatan sejarah umat manusia. Demikian pula dalam sejarah kebangkitan bangsa Indonesia, pemuda seperti Soekarno, Sutan Syahrir dan pemuda lainnya, telah meletakkan diri pada posisi strategis dan perancang sistem bagi terwujudnya kemerdekaan Indonesia.

Karenanya, Ia mengajak segenap Pemuda Indonesia untuk terus menempa dan membangun kapasitas diri dengan memperbanyak ilmu dan Pendidikan.

Ajakan tersebut disampaikan Gubernur saat Dialog Nasional di Masjid Kampus Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Sabtu (17/06/2017).

Dihadapan ratusan Mahasiswa UGM Yogyakarta, Gubernur yang akrab disapa TGB itu, menuturkan bahwa pemuda dengan segala potensinya merupakan pelaku perubahan dan berada pada titik yang paling sentrum dalam sejarah kebangkitan bangsa.

Hanya saja, menurutnya saat ini dalam wacana publik yang berkembang di masyarakat, pemuda identik dengan hal-hal yang tidak baik, bahkan cenderung menjadi biang persoalan di tengah masyarakat. “Siapakah yang berkepentingan, sehingga pemuda itu selalu diletakkan pada hal-hal yang tidak baik,” ungkap Gubernur.

Padahal, dalam konteks sejarah Islam pemuda itu identik dengan prestasi, bahkan identik dengan hal-hal hebat dalam sejarah peradaban umat manusia.

TGB mencontohkan, Imam Syafi’i yang pada umur 12 tahun sudah berhasil memaksimalkan potensi dirinya, sehingga dia kenal sampai saat ini di seluruh penjuru dunia. Pemuda lain dalam konteks sejarah Islam adalah Imam Bukhari yang menulis kitab paling benar setelah Al-Qur’an pada umur 17 tahun.

“Jadi pemuda dalam tradisi Islam penuh dengan potensi kebaikan. Fitrah pemuda dalam penjelasan Al-Qur’an adalah mensupport perjuangan Rasulullah dan penopang dakwah,” jelas Gubernur.

Begitu juga dalam konteks sejarah Indonesia. Bagiamana pemuda, seperti Bung Karno, Sutan Syahrir meletakkan diri mereka pada posisi strategis perjuangan kemerdekaan bangsa. Bahkan, pemuda saat itu menjadi sebuah sistem terwujudnya kemerdekaan itu.

“Negara ini tidak akan maju sebelum memastikan pemuda-pemuda Indonesia berada pada titik sentrum,” tutur TGB.
Namun, TGB optimis pemuda Indonesia mampu menjadi penggerak kebaikan serta tetap berada pada titik sentrum perubahan, bila terus menempa dan membangun kapasitas diri dengan memperbanyak literasi.

Proses literasi ini, bukan hanya membaca ilmu yang tertulis, serta tradisi tradisi yang diwariskan, namun juga membaca semua fenomena yang ada dalam alam jagad raya ini.

“Dengan seluruh kekayaannya, pemuda harus terlibat dalam literasi dimensi ekonomi, politik, sosial dan budaya. Sehingga nanti, pemuda dapat berada pada titik pelaku perubahan,” tegasnya. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Dit Binmas Polda NTB menggelar kegiatan sosialisasi dengan tema “Bahaya Faham Intoleransi, Radikalisme, Terorisme, dan Faham Anti Pancasila.” Acara ini diadakan...

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...