Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Petani Jagung Bima akan dapat Bantuan

FGD membahas tentang bantuan fasilitasi dana bagi petani jangung di Bima.

Bima, Bimakini.- Kabar gembira bagi petani jagung di Kabupaten Bima. Tahun 2017 ini akan ada bantuan diberikan melalui fasilitasi pembiayaan.

Hal itu terungkap saat Focus Group Discution (FGD) SKPD Rumpun Hijau dengan tema “Pembiayaan Petani Jagung dalam konsep Agriculture Financial”.

Kegiatan tersebut diikuti 57 petani dan dari perbankan yang diselenggarakan Komite Ekonomi dan Industri Nasional  (KEIN) RI, Kamis (8/6/2017) di Hotel Marina Kota Bima.

Wakil Bupati Bima, H Dahlan  dalam sambutannya, mengapresiasi kehadiran KEIN yang memfasilitasi dan mendorong tumbuh kembangnya pengelolaan potensi sumber daya alam (SDA) di Kabupaten Bima. Geografis Kabupaten Bima cukup strategis untuk mengembangkan sejumlah potensi.

“Sumber daya alam yang melimpah ini, tentu saja perlu  dikelola dengan baik dalam jangka panjang,” paparnya.

Tim dari KEIN yang dipimpin Wakil Ketuanya, Dr Arif Budimanta datang bersama sejumlah  mitra perbankan. Dikatakannya, KEIN yang beranggotakan 20 orang merupakan lembaga negara yang berada di bawah Presiden.

Lanjut Arif, KEIN dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden nomor 8 tahun 2016 yang bertujuan mendukung kinerja Presiden dalam memberikan akselerasi percepatan pertumbuhan ekonomi. Sejak pembentukannya, KEIN telah menghasilkan rekomendasi kepada Presiden, berupa Roadmap Industrialisasi Indonesia tahun 2025.

Sejalan dengan roadmap tersebut,  menurutnya ada empat pilihan industri yang dikembangkan untuk mendukung perekonomian Indonesia dengan menciptakan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan yaitu agroindustri, maritim, pariwisata dan ekonomi kreatif. “Potensi ini, menjadi pilihan  dengan beberapa pertimbangan bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam yang luar biasa dan industri yang dipilih tersebut dapat diselaraskan dengan potensi sumber daya manusia yang ada,” ujarnya dikutip Kabag Humas Setda, Armin Farid.

Disamping ke empat komponen industri tersebut, kata dia, mampu menyerap SDM yang sesuai dengan rata-rata tingkat pendidikan tenaga kerja di Indonesia. (BK29)

 

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini.- Kegagalan Panen Raya Jagung yang sedianya dilakukan   Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, DR Ir Gatot Iriyanto, MS, DAA, gagal panen raya...

Ekonomi

Dompu, Bimakini.- Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin mengaku bangga dan terharu ketika Menteri Pertanian RI, menyampaikan apresiasi terhadap petani jagung Kabupaten Dompu....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Selama tahun 2017, sudah 35  warga Desa Tarlawi Kecamatan Wawo Kabupaten Bima yang mendaftar menjadi calon jemaaah haji ke Kantor Kementerian Agama. Banyaknya...

NTB

Mataram, Bimakini.- Provinsi NTB adalah daerah yang sangat potensial untuk pengembangan sektor pertanian. Maka tak heran, jika NTB dikenal sebagai lumbung pangan dan ditetapkan...

Ekonomi

Mataram, Bimakini- Hasil produksi jagung yang melimpah, membuat Provinsi NTB dijuluki Provinsi Emas sebagai daerah yang sangat strategis untuk pengembangan jagung. Selain dikenal sebagai...