Peristiwa

Rasa Aman Itu Diusahakan Bersama

Kapolres Bima Kabupaten, AKBP M Eka Fathurrahman, SH, SIK

Bima, Bimakini.- Rasa aman masyarakat bukan hanya diupayakan oleh aparat kepolisian, tetapi juga dikondisikan oleh seluruh elemen. Karena semua orang pasti menginginkan suasana hidup yang aman, nyaman, dan damai.

Hal ini dikemukakan Kapolres Bima Kabupaten, AKBP M Eka Fathurrahman, S.IK, SH, saat bersilaturrahmi dengan keluarga di Kecamatan Wawo, Minggu (11/6/2017).

Kata putra AKBP (Purn) M Yahya ini, jadilah polisi bagi dirinya sendiri. Artinya, warga melakukan kegiatan seperti polisi yakni secara bersama-sama berjuang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), menjaga dan mengamankan wilayahnya masing-masing dari tindakan-tindakan yang merusak sendi-sendi rasa aman masyakarat.

“Jika ini dibiarkan imbasnya bukan saja yang melakukan, tetapi juga merugikan seluruh masyarakat, sehingga kondisi keamanan tidak kondusif dan merepotkan semua pihak,”ujarnya di Wawo, Minggu.

Eka mengakui, kondisi keamanan saat ini masih timbul tenggelam, terutama berkaitan dengan masalah konflik antara warga, antar-kampung, Narkoba, Miras, dan menjelang lebaran ini banyak terjadi Curanmor, pencurian hewan, dan lainnya.

Tentu semua itu, terangnya, menciptakan rasa aman masyarakat tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada aparat keamanan, apalagi jumlah apparat terbatas, tetapi ikhtiar menciptakan rasa aman itu merupakan tanggungjawab bersama seluruh elemen masyarakat.

Meski demikian aparat kepolisian tetap melakukan tindakan pencegahan melalui patrol-patroli, memberitahukan kepada masyarakat melalui kepala desa, tokoh masyarakat, dan lainnya. (BK23)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 43
    Shares
To Top