Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Wagub NTB Ajak Lotim Perkuat Industri Kreatif

Wagub NTB, HM Amin saat menyerahkan bantuan saat Safari Ramadan di Lotim.

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH.M.Si mengajak masyarakat, khususnya pelaku industri kreatif untuk terus memperkuat dan meningkatkan kualitas produk industri kreatif yang ada. Peningkatan kualitas produk tersebut diharapkan dapat bersaing dengan produk-produk luar, yang beredar di masyarakat.

Hal itu disampaikan Wagub saat Safari Ramadhan di Masjid Islahul Muslimah, Desa Sikur, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Senin (12/06/2017).

Wagub menilai industri kreatif ini perlu terus didorong dan ditingkatkan sebagai penopang kemajuan masyarakat Lotim. Industri kreatif ini menjadi pelengkap dan pendukung berbagai potensi yang ada di daerah tersebut, seperti potensi pertanian yang menjadi sektor andalan masyarakat Lotim.

Orang nomor dua di NTB tersebut menyampaikan Lombok Timur merupakan kabupaten yang memiliki potensi pertanian yang cukup besar. Menurutnya sektor pertanian menjadi salah satu andalan untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

“Sebanyak 42 persen tenaga kerja dapat diserap oleh sektor pertanian. Baru diikuti sektor perdagangan dan jasa lainnya. Dengan lahan yang cukup luas, ditambah dengan tingkat kesuburan tanah yang memadai, menjadikan Lombok Timur sebagai daerah yang potensial meningkatkan hasil pertanian,” paparnya.

Bahkan, Wagub bercerita, tiga menteri beberapa waktu lalu datang khusus ke Sembalun untuk menanam bawang putih, sebagai langkah mengembalikan kejayaan Sembalun sebagai sentra produksi bawang nasional, guna mengembalikan swasembada bawang putih nasional yang sempat terwujud beberapa puluh tahun lalu.

“Karena itulah Bapak Gubernur memberikan perhatian dan komitmen beliau membangun dan memajukan pertanian. Bahkan sudah terbukti kita bisa mengekspor hasil pertanian kita ke daerah lain,” ungkap Wagub di hadapan ratusan masyarakat yang hadir.

Wakil Gubernur NTB juga mengajak masyarakat untuk menjaga semangat ramadhan yaitu dengan membangun silaturrahim, memperbanyak amal serta meningkatkan kualitas ibadah. Dengan meningkatkan amal ibadah tersebut akan semakin mendekatkan seseorang pada gelar taqwa, sesuai dengan janji Allah SWT.

Saat itu, Wagub juga menyerahkan sejumlah bantun Pemerintah Provinsi NTB ke Pemerintah dan masyarakat Lombok Timur. Untuk mendukung program Bumi Sejuta Sapi (NTB-BSS), Wagub menyerahkan dana sebesar Rp. 6.450.500.000,- kepada Pemda Lotim. Wagub juga menyerahkan bantuan saran dan prasarana pertanian kepada sejumlah kelompok tani Lotim, bibit tanaman, serta bantuan dana untuk sejumlah masjid. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Siti Rohmi Djalillah, MPd menyatakan kekagumannya pada komitmen Pemerintah Desa (Pemdes) Sari yang peduli dengan pengembangan literasi...

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr HJ Siti Rohmi Djalillah mengapresiasi peran Relawan Literasi di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Bima dan Dompu.  Hal...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Kabupaten Bima, yang telah keluar menjadi juara umum...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE,  Wabup Drs.H Dahlan M Noer, melanjutkan Safari Ramadan kedua di di Masjid Baiturrahim Desa Roi,...

NTB

Bima, Bimakini.- Memeringati Hari Perempuan Internasional (International Woman Day) 8 Maret, Program INOVASI NTB, Pemerintah Provinsi NTB dan Universitas Hamzanwadi (UNHAM) menggelar Webinar Nasional,...