Peristiwa

Atasi Risiko Banjir, BPBD Agendakan Simulasi

Simulasi yang diadakan BPBD Dompu.

Dompu, Bimakini.- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu akan melakukan berbagai cara untuk mengelimisasi risiko bencana alam, seperti banjir. Satu di antaranya dalam wajtu tidak lama lagi akan menggelar Simulasi Siaga Bencana.

Kepala BPBD Kabupaten Dompu, Drs Imran, kepada wartawan Sabtu (29/07/2017) menjelaskan kegiatan Simulasi siaga bencana itu akan melibatkan sekitar 500 warga dan dihelat pada bulan Agustus tahun 2017. Selain itu juga melibatkan unsur instansi pemerintah, TNI, dan Polri. “Lokasinya di lapangan Beringin kantor Pemkab Dompu,” ujar mantan Camat Hu’u ini.

Dikatakannya, Simulasi Siaga Bencana itu dilakukan agar warga bisa mengetahui cara pencegahan dan penyelamatan secara dini, apalagi Kabupaten Dompu merupakan daerah zona bencana alam banjir. Hal ini juga untuk melatih warga yang tinggal di zona rawan banjir.

Disampaikannya, penanganan bencana banjir ini tidak bisa dilajukan oleh pemerintah saja, tetapi melibatkan semua pihak. Apalagi berdasarkan data BPBD Dompu hampir semua wilayah kecamatan rawan banjir. Melalui simulasi warga akan mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat terjadi banjir.

“Peran kita semua sangat diharapkan ikut mengerahui secara dini cara yang dilakukan,” katanya. (BK24)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top