Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Gubernur NTB Kunjungi Ponpes di Jombang

Gubernur NTB, TGB H Zainul Majdi saat hadir di Jombang.

Jawa Timur, Bimakini.- Guna memperkuat ukhuwah islamiah dan mengukuhkan tali persaudaraan di antara sesama anak bangsa, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi melanjutkan silahturrahmi ke Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, Jawa Timur, Minggu (23/7/2017).

Kunjungan silaturahim TGB di Ponpes ini, sejatinya merupakan ujung dari lawatannya selama dua hari di Provinsi Jatim. Yakni, untuk memenuhi undangan silaturahim dari pimpinan Ponpes Bahrul Ulum dan juga para ulama di wilayah itu. Sebab jauh sebelumnya, sebenarnya telah terjalin hubungan yang erat dengan pendiri Ponpes Bahrul Ulum Jombang.

Di mana KH. Abdul Wahab Chasbullah sebagai pendiri Ponpes Bahrul Ulum memiliki hubungan satu mazhab dengan Almagfurullah Maulana Syeikh Zaenuddin Abdul Majid, kakek dari TGB. Karenanya, kunjungan silaturahim TGB kali ini dirasakan sebagai wujud kerinduan yang mendalam demi ukhuwah dan keberlanjutan hubungan persaudaraan tersebut.

Setibanya di Jombang, TGB langsung menuju kediaman keluarga KH. Wahab Chasbullah almagfulullah untuk silaturahim dilanjutkan dengan ziarah ke makam pendiri Ponpes tersebut.

Saat itu kehadiran TGB disambut Ketua Majelis Pengasuh Yayasan Ponpes Bahrul Ulum, KH. Hasim Wahab bersama ratusan santri, yang telah menanti kedatangan Gubernur Al Hafiz tersebut untuk melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Ponpes Tahfudzul Qur’an Wahab Chasbullah Bahrul Ulum. Di mana Ponpes ini dibangun khusus untuk cabang ilmu tahfiz, yang lokasinya masih dalam komplek Ponpes Bahrul Ulum.
Dalam sambutannya, Ketua Majelis Pengasuh Yayasan Ponpes Bahrul Ulum Jombang mengakui TGB sebagai keluarga dari pendiri Ponpes tersebut.

Gubernur NTB, TGB H Zainul Majdi ikut meletakkan batu pertama pembangunan Ponpes Tahfiz Quran.

Dengan penuh kebahagiaan, dia menjelaskan di hadapan para santri dan jama’ah yang hadir saat itu, bahwa mazhab pendiri ponpes Bahrul Ulum adalah sama dengan mazhab Almagfurullah Maulana Syeikh Zaenuddin Abdul Majid. Sehingga kehadiran TGB di tengah-tengah para santri, ditegaskannya merupakan bagian dari keluarga besar pendiri ponpes tersebut.

Selanjutnya, TGB beserta pengasuh ponpes itu melakukan ziarah ke makam Pendiri Ponpes Bahrul Ulum, KH. Abdul Wahab Hasbullah.

Menanggapi sambutan hangat tersebut, saat itu TGB menyampaikan kebahagiaannya disertai rasa syukur dan terima kasih kepada pimpinan dan segenap pengurus Ponpes Bahrul Ulum, yang telah mengundangnya, sekaligus diberi kesempatan dan keberkahan untuk bersama-sama dapat melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Ponpes untuk cabang ilmu Tahfizd tersebut. Ia menjelaskan kehadirannya murni dalam rangka silahturrahmi untuk memperkuat ukhuwah Islamiah dan memperkokoh rasa persaudaraan diantara sesama muslim. “Lebih-lebih pendiri Ponpes Bahrul Ulum Almagfurullah KH. Wahab Hasbullah satu mazhab dengan Almagfurullah Maulana Seikh KH. Zaenuddin Abdul Majid pendiri Nahdlatul Wathan,” ujar TGB.

Sebelum melanjutkan lawatannya dari Kota Surabaya ke Jombang, Gubernur TGB bersama rombongan menunaikan sholat subuh berjama’ah di masjid Al Falah, Jl. Raya Darmo Marmoyo, Kota Surabaya.

Dalam tausiyahnya usai sholat, TGB mangajak seluruh anak bangsa, khususnya umat Islam untuk senantiasa menjaga silaturahmi serta memperkuat rasa persaudaraan sebagai wujud kecintaan kepada tanah air Indonesia.

“Merawat persaudaraan merupakan bentuk konkrit menghargai jasa para pahlawan yang telah bersusah payah memperjuangkan kemerdekaan bangsa kita,” tuturnya.

Dihadapan ratusan jama’ah yang hadir TGB menguraikan bahwa salah satu hal yang baik dan bernilai ibadah adalah menjalani proses kehidupan dengan rendah hati. Menurutnya, keberhasilan yang diraih oleh seseorang, sesungguhnya bukan hanya berasal dari kekuatan sendiri melainkan karena karunia dari Allah SWT.

Karena itu, TGB mengajak seluruh jama’ah untuk senantiasa bersyukur atas apa yang diraih dan didapat selama ini. Salah satu cara bersyukur menurut Gubernur Hafizd Al-Quran itu adalah dengan selalu belajar. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...