Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Kades Waduwani Sosialisasikan Dana Desa 

Kades Waduwani saat sosialisasi ADD dari APBN.

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa Waduwani Kecamatn Woha Kabupaten Bima menyosialisasikan Alokasi Dana Desa dan Dana Dari APBN  (ADD/DDA) yang sudah diterima. Sosialisasi itu dipimpin oleh Kepala Desa (Kades), Ramli Junaid, di depan lembaga desa dan masyarakat.

Saat itu, Kades memaparkan jumlah bantuan tahap pertama telah dicairkan 60 persen di aula kantor desa setempat, Senin (03/07/2017).

Kades menyampaikan, sosialisasi ini terkait ADD, karena telah ada di rekening Bendahara Desa.  “Kami melakukan rapat untuk membahas apa yang harus dikerjakan pada tahun ini,” kata dia.

Dikatakannya, tidak ada kemajuan pada pembangunan desa Waduwani, karena kurangnya perawatan yang dilakukan oleh orang-orang di dalamnya. “Saya mengajak semuanya agar peduli, jangan sampai anggaran pembangunan yang kita kerjakan menjadi percuma,” ajaknya.

Dia menilai satu di antaranya yang tidak ada perawatannya  yaitu pagar pertanian yang telah dilaksanakan tahun lalu. Kades menyesalkan pengadaan kambing tahun lalu. Hasilnya kurang maksimal, sebagian berkembang dan sebagian entah kemana. “Saya katakan masyarakat tidak maksimal memanfaatkan bantuan ternak, sebab bantuan itu tidak tahu dikemanakan,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Disampaikannya, dana bantuan sebanyak 60 persen ini akan digunakan untuk program pembangunan, seperti pembangunan desa pembukaan jalan ekonomi desa So Dana Ngodu, pembuatan gang di RT 03 Dusun Mekar Jaya dan gang di RT 06.

Selain itu,  juga dianggarkan untuk lapangan desa, rehabilitasi kantor desa, pemberdayaan masyarakat melalui  modal usaha bakulan atau kios, serta pengadaan bibit ternak kambing. Pemberdayaan generasi muda di bawah naungan Karang Taruna, seperti pengadaan perlengkapan kostum dan peralatan olah raga lainnya.

Aspek lainnya adalah pemberian garam beryodium, kegiatan Posyandu, kegiatan Remaja Masjid, kegiatan pemberdayaan qari dan qariah. Selain itu, pemberian honor marbot, guru ngaji dan kegiatan dai desa. (BK34)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kepala Desa (Kades) Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Suaidin SH membantah semua tuntutan sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan diri Aliansi Masyarakat Peduli Desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tuntut transparansi Dana Desa Tahun 2020, Aliansi Masyarakat Peduli Desa Rasabou (Ampera) gedor kantor desa setempat, Kamis (18/3), sekitar pukul 09.43 Wita....

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Warga Desa Waduwani, Kecaman Woha, Kabupaten Bima, menekuni usaha batu bata tradiaional. Usaha batu bata masih memberi keuntungan bagi warga setempat. Salah...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Belasan warga yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Rade Satu (Iparasa) Desa Rade mendesak transparansi anggaran kegiatan fisik pagarnisasi desa setempat. Karena dalam...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Di Tahun 2020, Dana Desa harus mampu dihabiskan atau dibelanjakan sesuai yang tertuang dalam APBDes di tahun tersebut. Sebab tidak ada lagi...