Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Sape Juara I Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kabupaten

Wakil Bupati Bima, H Dahlan saat mencicipi menu makanan yang dilombakan.

Bima, Bimakini.- Kecamatan Sape meraih juara satu Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Bima. Kegiatan tesebut  diselenggarakan oleh Dinas Katahanan Pangan (DKP) bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima.

TP PKK Kecamatan Sape meraih juara pertama, sekaligus menjadi duta Kabupaten Bima pada ajang sama ditingkat Provinsi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bima, Ir Heru Priyanto di Paruga Na’e Bolo, Minggu (16/7/2017).

Heru mengatakan, lomba cipta menu B2SA berbasis sumber daya lokal dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kabupaten hingga ketingkat Nasional. Di tingkat Nasional diselenggarakan oleh Kementrian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan bekerjasama dengan TP PKK Pusat.

“Penentuan pelaksanaan lomba di tingkat Provinsi dan Nasional akan dilakukan pada bulan Oktober tahun 2017,” katanya.

Sambungnya, pada lomba ini, peserta wajib menyajikan menu lengkap satu hari siap saji yakni, makan pagi, siang dan malam bagi keluarga. Sedangkan indikator penilaian, mulai dari keseimbangan menu, keanekaragaman jenis pangan, kreatifitas pengembangan resep, cita rasa, tampilan dan aspek keamanan pangan serta bagaiman cara menyajikan makanan,”ujarnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Bima Hj Rostiaty mengatakan, lomba cipta menu B2SA berbasis paangan lokal ini, diselenggarakan dalam rangka hari ke-37 pangan sedunia dan hari jadi ke-377 Bima dengan mengusung tema Aku Suka Pangan Lokal.

“Tema itu sengaja kita usung, untuk menggugah hati kita agar bisa menggunakan hasil lokal yang ada, seperti ubi, jagung,  suweg, dan lainnya, hasil lokal seperti itu semakin lama, semakin ditinggalkan dalam tata menu setiap hari, padahal dengan mengkonsumsi hasil pangan lokal seperti itu, sangat baik bagi kesehatan,” ujarnya.

Hal itu, kata dia, perlu tumbuhkan kembali dengan sentuhan teknologi pengolahan pangan guna meningkatkan citra dan nilai gizi, sehingga dapat mengganti pangan beras dan terigu. Tujuan utama kegiatan ini adalah, untuk meningkatkan pemahaman setiap individu dalam menerapkan konsumsi B2SA, khususnya Ibu – ibu rumah tangga yang bertabnggungjawab untuk menyediakan menu keluarga.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman, serta mendorong kreatifitas masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA,”ungkap Rostiaty. (BK36/*)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima,  Bimakini.- Kelurahan Manggemaci kembali menjuarai Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) tingkat Kota Bima tahun 2018. Lomba itu diselenggarakan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima menggelar lomba kreasi masakan serba ikan di halaman Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, Kamis (15/3)....

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Bima saat ini sedang menyiapkan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)  Tingkat Kecamatan....