Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Wagub NTB: Mari Tunjukkan Pada Dunia, Islam Agama “Rahmatan Lil’alamin”

Wagub NTB, H M Amin saat membuka Munas JSIT

Mataram, Bimakini.- NTB patut bersyukur bahwa sudah banyak sekolah-sekolah yang menerapkan konsep pendidikan berbasis Islami. Meski mayoritas penduduk NTB adalah beragama Islam, didukung beragamnya suku, yaitu Sasak, Samawa, Mbojo dan etnis lainnya, namun rasa kebangsaan dan tingkat toleransi beragama di NTB sangatlah tinggi.

“Mari Kita tunjukkan kepada dunia bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil’alamin,” ajak Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin, SH, M. Si saat membuka Munas IV Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia dengan Tema “Bersinergi Membangun Bangsa Melalui Pendidikan yang bermutu Religius dan Berdaya Saing Global”, di Hotel Lombok Raya Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jum’at (28/7/2017).

Lebih lanjut, ditegaskannya keberagaman dan nilai-nilai luhur harus terus tetap dijaga dan dipelihara dengan baik. Ia berharap Sekolah Islam Terpadu (SIT) dapat memberikan pendidikan Islam yang baik kepada siswanya sekaligus menangkal paham-paham radikal.

Karenanya, Wagub mengapresiasi langkah panitia penyelenggara yang memilih NTB sebagai lokasi dan tuan rumah acara munas SIT tahun ini. Terlebih saat ini, ditegaskannya, pemerintah Provinsi NTB bersama seluruh stakeholder terkait, sedang fokus pada pengembangan wisata halal dan wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

Dia berharap event seperti ini akan dapat memberi efek positif pada citra NTB sebagai distinasi eisata halal terbaik dunia. Terlebih selama dua tahun berturut-turut telah berhasil meraih penghargaan The Best Halal Tourism dan Best Halal Honeymoon Destination. “Jadi, bapak-ibu tidak perlu ragu untuk mengadakan pertemuan berskala nasional di tempat kami,” ujarnya.

Hadir pula saat itu, Ketua DPRD NTB Hj. Baiq Isvie Rupaeda bersama Wakil Ketua DPRD, H. Abdul Hadi, Rektor Yala Islamic University Thailand, Prof. Dr. Ismail Luthfi Chapakiya, Ketua Majelis Persatuan Pendidikan Islam Malaysia Prof. Dr. Khodori, dan Vice Principle of Attaqwa Islamic College Australia Muhammad Hallak, Med.

Senada dengan Wagub, Ketua Umum JSIT Indonesia DR. H. Sukro Muhab, M.Si mengatakan jumlah Sekolah Islam Terpadu (SIT) semakin meningkat setiap tahunnya. Ketika Munas pertama kali diadakan pada tahun 2003, diterangkan H. Sukro, anggota SIT yang terdaftar baru berjumlah 126 sekola.

Namun pada tahun 2006 meningkat menjadi 387 sekolah, dan terus mengalami laju pertumbuhan signifikan yakni tahun 2009 menjadi 874 sekolah, tahun 2013 berjumlah 1.984 dan hingga pada Munas ke-4 tahun 2017, total anggota SIT yang terdaftar berjumlah 2.462 sekolah. “Ini menunjukkan SIT terus dipercaya oleh masyarakat dalam menghadirkan pendidikan islam,” ujarnya.

Sukro juga mengajak kepada seluruh organisasi dan lembaga yang bergerak di bidang pendidikan untuk sama-sama bergandengan tangan dalam menangkal arus globalisasi yang menyebabkan ketimpangan moral dan kerusakan mental para generasi muda.

Terkait radikalisme yang sering melekat pada sekolah Islam, dia mengatakan SIT bekerja sama dengan MPR RI dan DPR RI untuk mengadakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan. Ini menunjukkan bahwa sekolah Islam tidak anti Pancasila dan anti NKRI. “Bagi kami, NKRI adalah harga mati yang harus dipelihara dan dijaga,” tegasnya.

Oleh karenanya, dia meminta komitmen seluruh anggota SIT agar benar benar menjadi sekolah yang mengajarkan siswanya untuk sholat dengan rajin, taat kepada Allah dan negara, serta menjunjung tinggi nilai keadilan.

Sementara itu, Ketua Panitia L. Muhammad Alfian, ST melaporkan Munas ke-4 ini diikuti oleh 1.500 orang dari seluruh Indonesia dan akan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 27-30 Juli 2017 yang diisi oleh berbagai kegiatan, seperti Talkshow, Seminar, dan dialog kebangsaan.

Dia juga menyampaikan pemilihan Lombok sebagai lokasi Munas karena lombok adalah destinasi wisata halal.
Serangkaian kegiatan, Wagub beserta Ketua Umum JSIT menyerahkan penghargaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Terpadu Guru SIT oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Siti Rohmi Djalillah, MPd menyatakan kekagumannya pada komitmen Pemerintah Desa (Pemdes) Sari yang peduli dengan pengembangan literasi...

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr HJ Siti Rohmi Djalillah mengapresiasi peran Relawan Literasi di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Bima dan Dompu.  Hal...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Kabupaten Bima, yang telah keluar menjadi juara umum...

NTB

Bima, Bimakini.- Memeringati Hari Perempuan Internasional (International Woman Day) 8 Maret, Program INOVASI NTB, Pemerintah Provinsi NTB dan Universitas Hamzanwadi (UNHAM) menggelar Webinar Nasional,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Dalam memperjuangkan perempuan dan anak di Nusa Tenggara Barat, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak. Selain itu, perlu edukasi yang konsisten terus menerus...