Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Buka Rekening Poktan, BNI Datangi Dinas Pertanian

Pembukaan rekening kelompok pertanian di Kecamatan Madapangga.

Bima, Bimakini.- Proses pembukaan rekening bagi Kelompok Tani (Poktan) di wilayah Kecamatan Madapangga, kini berbeda dari tahun sebelumnya. Pihak Bank Negara Indonesia (BNI) Bima yang mendatangi Dinas Pertanian dan Perkebunan, Senin (14/08/2017). Hal itu dilakukan untuk menghindari antrean.

Kepala Pertanian dan Perkebunan Madapangga, Mukhtar, SE,  Senin (14/08) menjelaskan selain menghindari terjadinya antrean, pembukaan rekening di Dinas Pertanian dilakukan untuk meminimalisasi biaya transportasi. Karena terkait pembukaan rekening, Ketua dan Bendahara Poktan harus mendatangi bank, tentu akan mengeluarkan anggaran.   “Apa yang dilakukan sekarang untuk memudahkan Poktan dalam hal membuka rekening,” katanya.

Diakuinya, apa yang dilakukan sekarang merupakan bentuk terobosan baru, karena selama ini Poktan membuka rekening di bank. Akan tetapi, untuk pencairan anggaran tetap dilakukan di bank, karena prosedur pencairan anggaran ikut ditandatangani oleh Kepala Bank. “Hanya buka rekening di Dinas Pertanian, pencairan tetap di bank,” ujarnya.

Dijelaskannya, sebanyak 78 Poktan yang membuka ke rekening  untuk kebutuhan pupuk MK 1, MK 2, dan  MH tahun 2017 dan tahun 2018 awal. Syaratnya  menyerahkan fotokopi KTP Ketua dan Bendahara, SK Poktan, rekomendasi dari UPT Pertanian serta materai.

“Ketua dan bendahara Poktan harus hadir untuk menandatangani spicemen of signature,” ungkapnya. (BK36)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Pemerintah Desa Dena Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima melalui panitia menggelar pemilihan Ketua Pengurus Petani Pemakai Air (P3A) Dam  Lebo  wilayah Desa Dena,...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.com.- Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Maronci Kelurahan Dodu Kecamatan Rasanae Timur menggarap demplot padi organik. Demplot  itu merupakan kerja sama  Lembaga Pengabdian Masyarakat...