Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Dana Atasi Krisis Air Bersih Doridungga Rp400 Juta

Rakor Penanganan Bencana Krisis Air Bersih di Kabupaten Bima.

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima akan mengalokasikan dana  sekitar Rp400 juta untuk menangani krisis air bersih yang dialami  masyarakat Desa Doridungga Kecamatan Donggo dan Desa Rade Kecamatan Madapangga. Dana itu bersumber dari tiga pos. Yakni  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bima, Pamsimas, dan  APBDesa.

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri,  melalui Kabag Humaspro Setda, Armin Farid, SSos, Jumat (25/08) menjelaskan keputusan penetapan anggaran untuk menangani krisis air bersih bagi Desa Doridungga dan  Desa Rade itu   berdasarkan hasil rapat koordinasi dan evaluasi penanggulangan bencana krisis air bersih Kabupaten Bima  di   Hotel Lombok Raya Mataram, Selasa (22/08) lalu.  Saat itu,  Bupati menyebut  Pemerintah  Daerah berkomitmen menyelesaikan krisis air minum pada dua desa itu.

Di Desa Doridungga, akan dialokasikan dana APBD Kabupaten Bima dari anggaran tidak terduga (tanggap darurat ). Nilai  anggarannya  akan disesuaikan dengan kebutuhan lapangan. “Untuk kepentingan tersebut, tim terpadu lintas sektoral  segera menindaklanjuti pekerjaan sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati,” jelasnya.

Saat rapat itu, ada beberapa poin yang disepakati. Antara lain enanggulangan secara cepat krisis air minum di Doridungga ditetapkan anggaran sebesar Rp400 juta. Merupakan kolaborasi dari tiga pos anggaran yaitu APBD II, Pamsimas, dan APBDesa.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB, Ir HM Rum, MT,  menyatakan secara teknis  komitmen untuk membantu mengatasi krisis air bersih melalui pengeboran air dalam jika hasil survai geolistrik  oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi NTB beberapa waktu lalu memungkinkan untuk dilaksanakan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Namun, diisyaratkannya, apabila secara teknis pengeboran tersebut tidak memungkinkan, maka BPBD Provinsi NTB tetap membantu anggaran kegiatan penanganan air bersih untuk dua desa itu.

Dalam kerangka kolaborasi itu, PT PLN Wilayah NTB menyanggupi pemasangan jaringan listrik berdaya suplai  33.000 Watt. Skemanya tarif sosial sebesar Rp900 per kwh untuk menyuplai kebutuhan listrik mesin pompa air di desa setempat.

Pihak Pamsimas melalui Koordinator Provinsi, Ir H Srie Harnaka Umaryaka, mengatakan Pamsimas dalam jangka panjang berkomitmen menuntaskan krisis air bersih di Desa Doridungga dengan total cakupan 100 persen air dinikmati oleh warga secara bertahap hingga tahun 2019. Sesuai data, dana Pamsimas  dalam dokumen rencana kerja masyarakat di desa setempat senilai  Rp343 juta.  Meliputi Rp240 juta Bantuan Langsung Mandiri (BLM) APBN, Rp34 juta APBDes dan Rp68 juta lebih komponen inkind dan incash yang akan dialokasikan untuk jaringan perpipaan.

“Pamsimas NTB  memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Rakor penanggulangan krisis air bersih di Kabupaten Bima sebagai langkah maju dan menjadi contoh bagi daerah lainnya dalam mengatasi krisis air,” ujarnya saat rapat itu.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Rakor lintas sektoral penanganan krisis air bersih itu  dihadiri sejumlah instansi terkait. Yakni  Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman NTB, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB, Dirjen Cipta Karya Satker PSPAM,  Dinas ESDM Provinsi NTB, PLN Wilayah NTB dan sejumlah dinas lainnya. (BK29)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Penjabat Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT meninjau Sumur Dalam Terlindungi sebagai wujud upaya nyata Pemerintah Kota Bima dalam...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Sebagai  upaya memberikan dukungan kepada masyarakat yang terdampak kekurangan pasokan air bersih, Kasat Binmas Polres Bima Kota, IPTU Suratno, bersama dengan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kepolisian Resort Bima Polda NTB terus membagikan air bersih bagi masyarakat di wilayah yang terjadi kekeringan parah, di wilayah Kabupaten Bima. Seperti...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- BPBD Kabupaten Bima mendistribusi air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di beberapa lokasi terdampak. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima melalui...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Personel Satuan Samapta Polres Bima Polda NTB, menyalurkan air bersih bagi masyarakat di Desa Wadu Wani, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima Jum,at (09/09/22)...