Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Gubernur NTB Buka Festival Pesona Lombok Sumbawa

Gubernur NTB, H Zainul Majdi dan istri saat pembukaan Festival Pesona Lombok Sumbawa.

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi mengajak seluruh masyarakat Nusa Tenggara Barat untuk menggali lebih dalam lagi, nilai -nilai dari agama dan kebudayaan sebagai modal dan sendi-sendi membangun NTB yang kental dengan budaya ke-islaman-nya.

Gubernur yang juga Al Hafizd tersebut, meminta agar event tahunan bertajuk “Bulan Pesona Lombok Sumbawa (BPLS)” lebih menekankan aspek-aspek promosi yang bernuansa penguatan agama dan kebudayaan daerah. Dengan demikian, diharapkannya festival kebudayaan ini dapat menjadi filter terbaik dalam mencegah nilai-nilai asing yang bertentangan dengan jati diri bangsa dan masyarakat NTB yang religius.

“Mari kita jadikan festival ini sebagai filter bagi masyarakat, khususnya generasi muda menghadapi perkembangan dunia yang semakin kompetitif ini,” ajak Gubernur.

Ajakan tersebut disampaikan Gubernur, saat membuka secara resmi BPLS tahun 2017 yang ditandai pemukulan gendang beleq di Taman Sangkareang, Mataram, Jumat Sore,(18/8-2017).

Gubernur TGB hadir didampingi Istri, Hj. Erica Zainul Majdi yang menggunakan busana adat Sasak. Juga hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi NTB, diantaranya, Wakil Gubernur NTB beserta istri, Ketua DPRD NTB, Danrem 162 Wira Bhakti, Danlanal Mataram, Danlanud Rembiga.

Hadir Pula Wakil Walikota Mataram, Mohan Roliskana yang masing-masing juga menggunakan pakaian adat asli NTB yakni Sasak, Samawa, dan Mbojo.
Lebih lanjut ditegaskan oleh Gubernur bahwa beriman dan berbudaya adalah benteng terkuat dari modernitas kemajuan dunia.

“Itulah sebabnya beriman dan berdaya saing menjadi visi yang senantiasa diusung dalam pembangunan Nusa Tenggara Barat,” terang Gubernur dua periode itu sembari menegaskan bahwa promosi, inovasi dan kreasi pembangunan yang ramah budaya, akan membuat daeah kita semakin atraktif untuk kunjugan wisatawan.

BPLS merupakan festival yang dilaksanakan selama satu bulan penuh dari tanggal 18 Agustus 2017 hingga 16 September 2017, dengan menyuguhkan kolaborasi seni tradisional dan modern di berbagai destinasi wisata di Lombok dan Sumbawa. Kemeriahan masyarakat menyambut event kebudayaan Lombok dan Sumbawa tersebut, tampak dari kehadiran 1.500 peserta mengikuti pawai “Lombok Sumbawa Karnival” tahun 2017. Peserta pawai tersebut merupakan perwakilan dari 10 Kabupaten/Kota se NTB dan juga paguyuban-paguyuban dari berbagai daerah lain di Indonesia yang ikut berpartisipasi.

Sebelumnya, di tempat yang sama, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Bisnis Pasar dan Pemerintahan, Dr. Tazbir mengapresiasi komitmen Pemerintah Daerah Provinsi NTB dalam mempromosikan dan memajukan pariwisata NTB. “Dalam pantauan kami kontribusi NTB saat ini tidak bisa dipungkiri dalam memajukan Pariwisata Nasional,” jelasnya.

Salah satu contoh dari upaya Pemda NTB meningkatan arus kunjungan wisata mancanegara, kata Tazbir seperti Charter flight dari Korea yang diharapkannya, pada saatnya nanti akan menjadi penerbangan reguler.

Sebanyak 28 acara utama dan 39 rangkaian acara disiapkan Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk para wisatawan yang datang berkunjung ke Lombok dan Sumbawa dalam pelaksanaan BPLS. Diantaranya, Lombok Sumbawa Karnival, Lombok Sumbawa Night Exhibition, Festival Kota Tua Ampenan, Festival Pesona Mandalika, Parade Kemerdekaan Indonesia, Idul Adha Religious Night Festival, GFNY Indonesia 2017, Tunaq Inter Fishing Contest, Kaliantan Kite Festival, Festival Moyo, International Halal Travel Fair, Sembalun Holtikultura Festival, Festival Gili Tramena Begawe, Festival Senggigi, Festival Film Pendek, Lombok Sumbawa Photo Contest. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...