Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kegiatan FKDM Tunggu Anggaran Perubahan

Kabid PMS Ksebangpol Kab Bima, Irfan HM Nor, SSos

Bima, Bimakini.-  Sorotan mengenai minimnya koordinasi antarpengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) mendapat tanggapan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bima.  Kepala Bidang (Kabid) Pengkajian Masalah Strategis (PMS), Irfan HM Nor, SSos, mengatakan untuk memudahkan koordinasi akan diupayakan sekretariat FKDM.

Sebelumnya, sekretariat  diinginkan ada di Bakesbangpol, namun karena tempat terbatas, sehingga dibutuhkan tempat sendiri. “Kami akan mengupayakan untuk sekretariat agar  memudahkan koordinasi,” katanya  via telepon seluler,  Selasa (14/08/2017).

Selain itu, kata Irfan, kegiatan FKDM Kabupaten Bima diusulkan pada anggaran perubahan. Ada dua kegiatan yang diusulkan, yakni  pemetaan daerah rawan konflik  agar diketahui bagaimana langkah-langkah dalam deteksi dini atau pencegahan konflik sosial.

Kegiatan kedua adalah  pelatihan dasar mengenai deteksi dini. Pembekalan itu penting sebagai bekal lapangan dalam mencegah terjadinya konflik.

Irfan meluruskan, soal koordinasi antara pengurus FKDM Kabupaten dan Kecamatan sifatnya tidak menunggu. Justru pengurus kecamatan harus lebih aktif dalam hal deteksi dini dan melaporkan kondisinya pada FKDM Kabupaten Bima.

Baca Juga: Tahir: FKDM Mitra Kesbangpol, tidak Ada Gajinya

Baca Juga: Pembentukan FKDM Dinilai tidak Optimal

“Sebenarnya tidak perlu bertanya apa yang dikoordinasikan, justru di kecamatan lebih berinisiatif,” terangnya.

Namun,  dia memahami kondisi itu.  Diharapkan melalui pengadaan sekretariat sendiri dan kegiatan pelatihan akan lebih mengefektifkan koordinasi. (BK25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Ini tanggapan dari Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Bima terkait sorotan anggota FKDM Kecamatan Madpaangga, Syahrul, SSos. Sebelumnya, Syahrul menilai...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pembentukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bima dinilai tidak optimal. Hal itu disebabkan tidak adanya jalur koordinasi yang...