Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

NTB Raih Penghargaan Terbaik Nasional Desa/Kelurahan Inovatif

Kelurahan Banjar dan Desa Lingsar meraih penghargaan dari Kemendagri.

Mataram, Bimakini.- Kelurahan Banjar Kecamatan Ampenan Kota Mataram dan Desa Lingsar Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, baru-baru ini dinobatkan sebagai desa dan kelurahan terbaik di ajang Lomba Desa dan Keluaran Tingkat Nasional oleh Kementerian Dalam Negeri (16/08/2017).

Lomba yang digelar pada tanggal 10-12 Agustus 2017 itu merupakan ajang tahunan untuk memilih desa atau kelurahan yang memiliki inovasi dan memenuhi kritaria yang telah ditetapkan kementerian dalam negeri, khusus di regional IV bersama Provinsi Papua, Maluku dan NTT.

Terpilihnya kedua desa dan kelurahan itu berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Dalam Negeri Nomor 410-5638 tahun 2017. Dinobatkannya Keluaran Banjar dan Desa Lingsar merupakan sejarah baru bagi Provinsi NTB, mengingat selama ini NTB belum pernah meraih predikat terbaik untuk kelurahan dan desa sekaligus. Bahkan tahun lalu, NTB hanya menempati urutan harapan untuk tingkat nasional.
Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Catatan Sipil, H. Rusman, selaku Ketua Tim Pemilihan Kepala Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi NTB saat itu, menjelaskan Desa Lingsar dan Kelurahan Banjar telah mewakili NTB karena memiliki kelebihan dan keunggulan.

Desa Lingsar misalnya, memiliki sejumlah kelebihan yang menjadikan desa tersebut sebagai juara tingkat nasional, yaitu memiliki radio konseling remaja, aplikasi system informasi desa dan pelayanan administrasi online, dimana masayakarat dapat mencetak (print) di rumah. Selain itu, Desa Lingsar memiliki inovasi web desa dengan jumlah pengunjung lebih dari 10.000, serta mengembangkan hot spot/internet gratis.

“Ini sudah melalui seleksi yang ketat di tingkat provinsi. Sehingga layak desa ini menjadi juara di tingkat nasional,” jelas H. Rusman yang saat ini menjabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi NTB.

Untuk Kelurahan, Banjar layak menjadi juara tingkat nasional mengingat kelurahan ini sudah memiliki inovasi yang belum dimiliki oleh kelurahan lain. Yakni, kelurahan ini mengembangkan system aplikasi yang dikenal Sistem Informasi Manajemen Kelurahan (SIMKEL) yang dapat mempercepat dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Banjar juga memiliki program Ini Baru Banjar (IBRA) sebagai wadah yang dapat diimplementasikan dalam sebuah komunitas untuk peduli lingkungan dan kebersihan. System ini juga menyedikan kursus Bahasa Inggris gratis bagi pemuda.

Selain itu, Keluaran Banjar juga mengenmbangkan program LIBRA (Lumbung Informasi Bagi Warga) yang merupakan komunitas atau wadah masyarakat dengan membentuk rumah baca. Komunitas ini bertujuan sebagai wadah untuk menkreasi sampah dan wadah pendidikan non formal.
“Kelurahan Banjar memiliki keunikan, dengan sampah mereka bisa juara nasional,” tutur H. Rusman.

Kelurahan Banjar saat ini menjadi pusat bank sampah Provinsi NTB, atau yang dikenal Bank Sampah NTB Mandiri. Komunitas ini memiliki peran untuk memilih dan memilah sampah organic dan non organic yang kemudian diolah menjadi barang yang bernilai jual.
Dengan prestasi tersebut, Desa Lingsar dan Kelurahan Banjar mendapat hadiah uang pembinaan masing-masing sebesar RP 50 juta dari Kementerian Dalam negeri.

“Prestasi ini menjadi motivasi bagi desa dan kelurahan lain di NTB untuk berionvasi membangun desa dan kelurahan,” harapnya saat ditemui di ruang kerjanya. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.com.- Sampah menjadi momok dan imbas lain pengembangan dan pembangunan Kota. Untuk mengatasinya, Pemerintah Kecamatan Raba akan menyiapkan sejumlah program pengelolaan sampah organik...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.Com.- Surat Keputusan Gubernur NTB Dr.TGH.Zainul Madji Nomor 280 tahun 2012 tentang Persetujuan Calon Provinsi Pulau Sumbawa (PPS) sebagai pemekaran dari Provinsi NTB...