Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Pemprov NTB Buktikan Komitmen Bina UKM

Wagub NTB, HM Amin saat acara NTB expo.

Mataram, Bimakini.- Pemerintah Provinsi NTB menunjukkan komitmennya dalam membina Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta memperluas jaringan bisnis dan kualitas produk-produk UMKM dan koperasi.

NTB Expo, yang secara konsisten dilaksanakan setiap tahun merupakan salah satu wahana pembinaan yang efektif untuk memotivasi kreativitas sektor UMKM meningkatkan wawasan bisnisnya.

Wakil Gubernur NTB, H. Muh Amin, menilai NTB Expo adalah ajang strategis bagi para pelaku UKM untuk memamerkan produk unggulannya kepada pangsa pasar yang lebih luas.

”Expo ini bisa menjadi ajang temu usaha di antara pelaku UKM untuk membangun jaringan pemasaran dan memperluas jaringan pengembangan usahanya,” jelas Wagub, saat membuka NTB Expo ke 15 di Islamic Center NTB, Kamis sore, (03/08/2017).

Selain membatu promosi, Wagub juga menegaskan pemerintah akan terus berupaya melakukan pembinaan dan membranding serta melindungi hak merek dari produk-produk UKM berkualitas NTB. ”UKM merupakan sektor penting untuk menyerap tenaga kerja, yang hingga kini sudah mencapai 21 persen,” tandasnya.

Senada disampaikan Wagub, Deputi Bidang Promosi dan Pemasaran kementrian Koperasi dan UKM RI , I Wayan Dipta, memandang Expo seperti ini sangat dibutuhkan koperasi dan UKM untuk mengenalkan produk mereka di tingkat regional, nasional maupun internasional. ”Dengan potensi UKM di NTB yang terkenal akan kualitasnya, Event seperti NTB expo harus rutin dikembangkan khususnya UMKM yang belum dikenal agar market mereka jadi semakin luas,” ungkapnya.

Wayan Dipte juga menambahkan bahwa pelaksanaan expo harus dapat mendatangkan buyer agar produk yang dipamerkan dapat laris terjual. Mengaitkan potensi UKM dan potensi pariwisata dengan expo adalah salah satu langkah cerdas dalam membantu pemasaran UKM. ”NTB banyak didatangi oleh wisatawan, kita arahkan meraka ke sini agar mereka juga bisa belanja,” paparnya.

Dipilih Islamic Centre sebagai tempat pelaksanaan Expo dijelaskan oleh PLT. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB, Chairul Mahsul, merupakan Ikhtiar Pemerintah memperkenalkan Islamic Center sebagai destinasi baru ikon wisata halal NTB dan Nasional. ”Kami bermaksud memperkenalkan peserta dari luar NTB salah satu ikon wisata baru. Di tengah keberagaman dan toleransi yang ada di NTB,” ungkapnya. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Siti Rohmi Djalillah, MPd menyatakan kekagumannya pada komitmen Pemerintah Desa (Pemdes) Sari yang peduli dengan pengembangan literasi...

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr HJ Siti Rohmi Djalillah mengapresiasi peran Relawan Literasi di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Bima dan Dompu.  Hal...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Kabupaten Bima, yang telah keluar menjadi juara umum...

NTB

Bima, Bimakini.- Memeringati Hari Perempuan Internasional (International Woman Day) 8 Maret, Program INOVASI NTB, Pemerintah Provinsi NTB dan Universitas Hamzanwadi (UNHAM) menggelar Webinar Nasional,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Dalam memperjuangkan perempuan dan anak di Nusa Tenggara Barat, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak. Selain itu, perlu edukasi yang konsisten terus menerus...