Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Sartika: Guru SMPN 1 Belo masih Mogok, Saya Kecewa

Aktivitas KBM di SMPN 1 Belo masih lumpuh.

Bima, Bimakini.- Aktivitas Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Belo hingga Kamis (03/08/2017) masih lumpuh. Guru setempat mengisyaratkan KBM akan normal pada pekan depan. Rentang waktu selama ini bikin gemas dan kecewa Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Dinas Dikbudpora Kecamatan Belo, Siti Sartika, SSos.

Seperti apa gumpalan kekecewaannya? Dia mengaku kecewa terhadap Dewan Guru SMPN 1 Belo, karena hingga Kamis  masih mogok  KBM. Padahal, di depan Sekretaris Dinas Dikbudpora dan Pengawas saatpertemuan di Dinas Dikpora Kabupaten Bima mereka telah sepakat akan mengaktifkan kembali KBM seperti biasanya.

Sartika tidak habis pikir soal makna  tugas dan tanggung jawab Dewan Guru  SMPN 1 Belo. Mereka telah berkomitmen akan mengaktifkan kembali KBM pada hari berikutnya atau Selasa (01/08).

“Saya kecewa tindakan Dewan Guru, kenapa mereka masih mogok KBM. Padahal, saat pertemuan itu mereka berjanji akan mengaktifkan kembali,” ujarnya Kamis (3/8/2017) di Belo.

Kata dia, segala tuntutan Dewan Guru sudah diterima oleh Dinas, langkah selanjutnya akan melaporkan secara tertulis kepada Bupati Bima. Sambil menunggu keputusan dari Pemerintah Daerah, tidaklah elok terus berperilaku seperti itu.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tugas guru adalah mengajar anak bangsa, apapun tantangan dalam tugasnya sebagai pendidikan, pendidikan tidak boleh terputus,” tegasnya.

Dikatakannya, karena mau menyelamatkan generasi bangsa, semua pihak sepakat akan menyuguhkan pengawasan maksimal, apakah Pengawas maupun UPT, namun mengapa komitmen itu diabaikan.

“Saya sudah menanggapi pernyataan Dewan Guru, kita sepakat mengamankan siswa. Apapun yang terjadi jangan mengorbankan siswa. Itu kesepakatan kita saat pertemuan di Dinas Dikbudpora,” ujarnya lagi.

Seperti dilansir sebelumnya, Dewan Guru mengisyaratkan  akan mengaktifkan KBM pekan depan, setelah tim dibentuk untuk menyusun pembagian tugas guru.  Aksi mogok yang melibatkan guru dan siswa itu mencapai puncaknya pada Senin (31/07/3017) lalu.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Tidak hanya mogok, mereka memecahkan kaca ruangan Kepala Sekolah (Kasek) dan memblokir ruas jalan Tente-Langgudu. Aksi itu dipicu protes pembagian jam mengajar sehingga berdampak pada  tuntutan agar Kasek Ihdar, SPd, segera  turunkan dari jabatannya.

Guru Olahraga, Ruslan, SPd, membenarkan KBM di sekolah setempat belum aktif alias masih lumpuh, pascapenutupan Senin  lalu. Guru hanya masuk-keluar kelas saja untuk pembinaan dan pendidikan secara umum.

“Iya memang KBM belum aktif sampai sekarang, tapi kami hanya memberikan pelajaran secara umum di kelas, barusan juga kami membentuk regu gerak jalan,”  jelasnya  di sekolah setempat, Rabu.

Kata dia, sembari menunggu keputusan Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri  sesuai tuntutan guru dan siswa, Dewan Guru sedang merembuk membahas SK pembagian tugas. SK itu dinilai   banyak kekeliruan dan hasil kesepakatan akan  diubah semuanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kami sudah bentuk tim untuk menyusun pembagian tugas, sesuai  tatatertib yang berlaku, Senin depan baru aktif,” jelasnya. (BK34)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.-  Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taman Madya Baiturahman Bima, Taufan, SPd dan  Dewan Guru  kompak mengundurkan diri. Kasek mengajukan surat kepada pihak Yayasan Pendidikan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Hingga kini, konflik internal di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Belo, Desa Cenggu, belum tuntas. Bahkan, terkesan dibiarkan. Masalahnya, proses Kegiatan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.-  Tiga hari pascapenutupan sekolah oleh guru dan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Belo Kecamatan Belo Kabupaten Bima, ,Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Aksi protes yang meminta pencopotan Kepala SMPN 1 Belo yang dilakukan oleh Dewan Guru dan siswa dikecam oleh Camat Belo, Bambang Setiawan, SSos....

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Ratusan siswa dan guru Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Belo Kecamatan Belo Kabupaten Bima mogok belajar, Senin (31/07/2017). Mereka tidak masuk...