Politik

Zainudin: BPKAD Tambah Bidang, tidak Melanggar Aturan!

Drs Zainudin

Kota Bima, Bimakini.- Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bima, Drs Zainudin, membantah tudingan legislator   soal melabrak aturan karena menambah satu Bidang pada badan yang dipimpinnya.

Memang,  ada penambahan bidang dalam BPKAD,  yaitu Bidang Akuntansi pemekaran dari Bidang Anggaran. Dengan demikian, totalnya menjadi lima bidang. Yaitu Bidang Barang Milik Daerah, Bidang Pendataan dan Penetapan, Bidang Penagihan dan Keberatan,  Bidang Anggaran, dan  Bidang Akuntansi.

“Bidang Akuntansi yang baru dibentuk pecahan dari Bidang Anggaran,  di dalamnya ada Subbid Akuntasi dan Pelaporan,” katanya  via telepon, Sabtu (26/08/2017) lalu.

Baca Juga: Legislator Tuding Eksekutif Labrak Aturan

Dikatakannya, soal Peraturan Pemerintah dan Peraturan Daerah (Perda), tisak ada aturan yang dilanggar. Dalam Perda tidak menjelaskan mengenai penambahan dan pengurangan bidang dalam suatu OPD,  hanya masalah OPD saja. “Memang di situ BPKAD tipe A dan bisa saja OPD berstatus tipe A menambah bidang sampai enam. Saat ini BPKAD baru punya empat bidang, jadi wajar ada penambahan,” terang Zainudin.

Menurutnya, hal ini tidak menyalahi aturan karena boleh menambah sampai enam bidang. Alasannya, dulu  jumlah kelurahan ada 38, kemudian ada penambahan pemekaran kini juga dilebur dalam kecamatan  untuk semua urusan anggaran. Termasuk semua tambah OPD  18. Dari perubahan itu, pencatatan laporan membutuhkan bidang khusus.

Untuk itulah, kata dia, dibentuk Bidang Akuntansi untuk memaksimalkan kerja organisasi pemerintahan dalam pelayanan. Artinya  pencatatan dan pelaporan harus miliki Tupoksi khusus, karena awalnya tidak berada pada Bidang Anggaran agar dalam hal kaitan pencatatan  berhubungan  masuk-keluar  uang maupun pengadaan barang, belanja barang, dan jasa.

Diakuinya pula, pemekaran itu langsung diimplementasikan melalui pelantikan pejabat saat pelaksanaan mutasi dan rotasi  11 Agustus lalu.  Zainudin memastikan tujuannya murni agar tata kelola keuangan lebih spesifik dan efektif,  lebih transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. (BK32)

Share
  • 18
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top