Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Di Korsel, Gubernur NTB Promosikan NTB

Gubernur NTB, H Zainul Majdi saat acara forum Ecotourism and Sustainable Tourism Conference 2017, di Ansan Korea Selatan.

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, Selasa (12/9-2017 ), menghadiri undangan sebagai keynote speker dihadapan forum Ecotourism and Sustainable Tourism Conference 2017, di Ansan Korea Selatan, untuk memaparkan potret potensi, tantangan, hambatan serta langkah-langkah yang diambil selama ini dalam membangun pariwisata NTB.

Dipilihnya Gubernur TGB sebagai keynote speker pada konferensi internasional yang diikuti lebih dari 600 peserta dari 20 negara tersebut, didasarkan pada track record NTB dibawah kepemimpinan TGB yang dinilai mampu menjadi salah satu best practice dalam pengembangan pariwisata yang berkelanjutan.

Kemajuan pariwisata di NTB selama ini, termasuk ekowisatanya, dinilai menjadi sektor yang signifikan dalam perubahan dan kemajuan NTB dalam beberapa tahun belakangan ini.

Dihadapan para peserta yang sebagian besar merupakan para penentu kebijakan, pelaku industri, akademisi dan para stakeholders terkait dalam bidang pariwisata khususnya ekowisata, Gubernur TGB menyampaikan presentasi berjudul : Sustainable Ecotourism Contribution to Poverty Reduction, Economic Development, Employment Creation and Education in West Nusa Tenggara.

Dalam paparannya, TGB secara
khusus, juga menguraikan tentang peran pariwisata berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat NTB. Dengan pendekatan berkelanjutan, kata Tuan Guru Bajang, pariwisata tidak hanya berhasil dikembangkan menjadi mesin pertumbuhan, menggairahkan industri ekonomi kreatif, membangun enterpreneurship di kalangan generasi muda dan menciptakan inisiatif-inisiatif kreatif dalam banyak komunitas. Namun juga berperan penting dalam menjaga kualitas lingkungan.

Kesempatan menjadi pembicara di event yang sangat bergengsi tersebut, tidak hanya dimanfaatkan oleh Gubernur TGB untuk mempromosikan dan memperkenalkan NTB di kancah internasional. Tetapi juga dijadikan ajang membangun dan memperkuat jejaring kerjasama mengembangkan pariwisata NTB sebagai salah satu destinasi utama di Indonesia.

Dari forum pertemuan internasional di korea sekatan tersebut, tergambar bahwa banyak pihak yang mulai tertarik dan semakin berminat untuk mengenal NTB, utamanya Lombok Sumbawa secara lebih dekat dan menyatakan siap membangun kerjasama.

Seusai presentasi, Gubenur TGB sempat mengadakan pertemuan dengan Walikota Ansan untuk membicarakan kemungkinan kerjasama antara kedua daerah dari kedua negara. Pada sore hari waktu setempat, Gubernur TGB kemudian melanjutkan kegiatannya di korea selatan, mengikuti international cooperation meeting on carbona reduction project with NTB and korea eco corporation dibawah koordinasi kementerian lingkungan hidup Republik Korea Selatan.

Meeting tersebut membicarakan minat investasi 5 perusahaan dari Republik Korea untuk investasi energi terbarukan (renewable energy) di NTB. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...