Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Generasi Berkualitas Modal Wujudkan Negara Kuat

Wagub NTB, HM Amin saat peringatan hari kontrasepsi se dunia.

Mataram, Bimakini.- Kualitas penduduk    berpengaruh langsung terhadap kekuatan  suatu bangsa. Ledakan jumlah penduduk yang ditandai  tingginya angka kelahiran, kalau tidak dibarengi peningkatan kualitas manusia, maka akan menjadi beban atau penghambat pertumbuhan suatu negara.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), HM  Amin, saat Peringatan Hari Kontrasepsi se-Dunia Tahun 2017 di Hotel Aruna Senggigi, Selasa (26/09/2017).

Tema  kegiatan itu adalah peningkatan akses dan pelayanan kontrasepsi dalam mewujudkan keluarga berkualitas. Saat itu hadir  Kepala BKKBN Pusat dan ribuan peserta  dari seluruh provinsi.Sebaliknya, ingat Wagub, jika pertumbuhan penduduk tinggi  dibarengi peningkatan kualitas manusianya, seperti  aspek kesehatan dan  pendidikan, maka akan menjadi modal berharga untuk mewujudkan suatu negara yang kuat.

“Indonesia negara yang kaya raya dengan beraneka ragam sumber daya alamnya. Mari kita ciptakan generasi yang sehat, cerdas, dan berpendidikan yang akan memberikan kontribusi besar dalam pembangunan bangsa,” ajaknya.

Wagub menegaskan generasi yang sehat dan kuat akan senantiasa mampu mengelola sumber daya alam untuk mewujudkan bangsa yang mandiri dan kuat.  Tujuan program Keluarga Berencana (KB)  bukan untuk mencegah kelahiran, namun  penundaan dan penjarangan waktu melahirkan. Tujuannya  untuk meningkatkan kualitas anak-anak. Dengan demikian akan lahir generasi bangsa yang kuat, sehat, dan memiliki masa depan cerah.

“Tidak ada maksud pemerintah dalam program KB ini untuk mencegah terjadinya kelahiran. Namun, lebih pada menunda kelahiran untuk meningkatkan kualitas generasi kita,” jelasnya.

Untuk itu, Wagub mengajak  kader penyelenggara program KB  agar bekerja keras dan membangun hubungan baik dengan stakeholder terkait dalam menyosialisasikan program kerja BKKBN. Terutama bagaimana menggunakan berbagai macam alat kontrasepsi.

Hal itu karena tujuan utama  program tersebut adalah mewujudkan generasi Indonesia berkualitas secara kosisten dan berkelanjutan.   “Insya Allah melalui kerja keras kita, maka Indonesia akan menikmati bonus demografi dari pertumbuhan penduduk pada tahun 2030 mendatang,” katanya. (BK37)

 

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Siti Rohmi Djalillah, MPd menyatakan kekagumannya pada komitmen Pemerintah Desa (Pemdes) Sari yang peduli dengan pengembangan literasi...

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr HJ Siti Rohmi Djalillah mengapresiasi peran Relawan Literasi di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Bima dan Dompu.  Hal...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Kabupaten Bima, yang telah keluar menjadi juara umum...

NTB

Bima, Bimakini.- Memeringati Hari Perempuan Internasional (International Woman Day) 8 Maret, Program INOVASI NTB, Pemerintah Provinsi NTB dan Universitas Hamzanwadi (UNHAM) menggelar Webinar Nasional,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Dalam memperjuangkan perempuan dan anak di Nusa Tenggara Barat, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak. Selain itu, perlu edukasi yang konsisten terus menerus...