NTB

Gubernur NTB Ingin Pariwisata Berdimenasi Pertukaran Gagasan

Gubernur NTB, H Zainul Majdi.

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi menjadi narasumber pada acara Lombok 1st Internasional Edu Tourism Conference (LITEC) 2107, di Hotel Golden Palace Mataram, Sabtu (16/8-2017).

Pada event internasional yang digagas Universitas Hamzanwadi Lombok Timur bekerja sama dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia dan Pemerintah Provinsi NTB tersebut, Gubernur NTB dua periode itu menegaskan pembangunan pariwisata, sejatinya tidak hanya bagaimana berusaha memperbanyak angka kunjungan pariwisata saja.

“Membangun pariwisata tidak sekedar bagaimana mengeksplorasi potensi keindahan daerah kita untuk meningkatkan jumlah turis. Melainkan ke depan, bagaimana mencari dari sisi pariwisata itu, ada pertukaran gagasan dan ada proses belajar satu sama lain,” ungkapnya.

Karenanya, Gubernur menyebut Lombok Edu Tourism Conference sebagai gagasan yang sangat cemerlang. Gubernur kemudian mengkaitkan konsep Edu Tourism tersebut, dengan ajaran Islam yang terkandung di dalam Alquran Surat Al Hujarat, yang mengajarkan lita’aruf. “Yakni, agar kita satu sama lain saling mengenal,” terang Gubernur.

“Jadi keragaman yang kita miliki tidak terhitung banyaknya. Terlebih keragaman di Indonesia, sangatlah banyak dari semua sisi” tambahnya.

Gubernur menegaskan bahwa dari budaya, Indonesia terdiri dari lebih dari seribu etnis. Demikian juga bahasa, tradisi dan lain-lain. Sedangkan di luar Indonesia, juga terdapat beribu-ribu keragaman.

“Sehingga dalam konteks lita’arafu agar kita satu sama lain bisa saling mengenal satu sama lainnya tersebut, telah menjadi konsensus Nasional dalam wujud NKRI. Dari berbagai keragaman yang diciptakan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, ini adalah medium untuk kita belajar satu sama lain,” jelas Gubernur.

Gubernur kemudian mengkorelasikan Lombok Internasional Edu Tourism Confrence 2017 dengan konsep pembangunan pariwisata NTB yang menghadirkan berbagai gagasan dan ilmu pengetahuan. Konsep tersebut dijalankannya melalui kebijakan pengembangan pariwisata NTB berbasis eco tourism.

Kebijakan berbasis eco tourism, menurutnya tidak hanya terkait dengan upaya menciptakan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat semata. “Tetapi di dalamnya juga terdapat nilai-nilai yang baik,” terang Gubernur.

Nilai-nilai baik itu, papar TGB di antaranya menyangkut pengembangan perabadan masyarakat, bahkan kepribadian bangsa.

Gubernur membandingkan antara orang kaya jaman dulu dan masa kini. “Kalau dulu orang orang kaya di dunia ini, karena paling banyak memiliki akses sumber daya alam. Tetapi kini orang-orang kaya adalah mereka yang berkecimpung di arena ilmu pengetahuan dan konglomerat-konglomerat dalam bidang ilmu komunikasi,” tuturnya.

Dalam konteks inilah, Gubernur mengajak seluruh masyarakat untuk mentradisikan pengembangan ilmu pengetahuan, tidak hanya pengetahuan yang bermanfaat secara individual tetapi juga pengetahuan yang bermanfaat secara kolektif bagi masyarakat.
Gubernur berjanji ke depan langkah-langkah strategis yang akan ditetapkannya adalah memastikan keberlanjutan resourses eco tourism di NTB.

“Ke depan kita harus lebih berkonsentarasi pada aspek yang tidak mengeksploitasi lahan-lahan secara masif. Kita punya kawasan yang kita akan kembangkan sebagai kawasan pariwisata berbasis eco tourism yaitu di kawasan Mandalika, Kute,” tutur Gubernur. (BK37)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top