Politik

Komisi I Desak Bupati Mencopot Jabatan Kadis DPMD

Ilham, SH

Bima, Bimakini.- Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima mendesak Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, segera mencopot Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Drs Sirajuddin, MM. dari jabatannya.

Permintaan itu muncul saat Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Bima, Ilham H Adnan, SH,  membacakan laporan Komisi I terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah-Perubahan (APBD-P) Tahun 2017 dalam sidang paripurna  Senin (25/09) malam lalu.

Dikatakannya, permintaan pencopotan Kadis DPMD  dari jabatannya itu merupakan satu di antara catatan Komisi I terhadap laporan Komisi terkait dengan Raperda  APBD-P tahun 2017. Catatan Komisi I,  meminta Bupati dan Wabup Bima  mengevaluasi kinerja Kadis, karena  tidak pernah menghargai lembaga Dewan khususnya Komisi I ketika diundang untuk rapat evaluasi maupun klinis anggaran.

“Setiap kali kita undang, baik itu untuk rapat evaluasi maupun klinis anggaran, yang bersangkutan tidak pernah hadir,” terangnya.

Padahal, kata Ilham, rapat klinis anggaran itu untuk membicarakan masalah atau urusan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. “Tapi kok malah tidak hadir,” katanya.

Komisi I menilai  ketidakhadiran Kadis itu  mengisyaratkan sikap yang tidak menghargai  lembaga legislatif.  “Jika tidak menghargai lembaga legislatif, secara tidak langsung Kadis tersebut, juga tidak menghargai eksekutif dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Bima,” ibaratnya.

Sebab, kata Ilham, Bupati dan Wabup telah menginstruksikan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah agar menghadiri setiap agenda penting  di legislatif. Namun, kenyataannya  instruksi Kepala Daerah itu tidak diindahkan oleh Kadis DPMD.

“Lalu, yang menjadi pertanyaannya, jika Bupati dan Wabup sudah tidak dihargai, untuk apa yang bersangkutan dipertahankan, lebih baik dicopot saja jabatannya,” tambahnya.

Kepala Dinas DPMD, Drs Sirajuddin, MM, yang hendak dikonfirmasi soal sorotan  Komisi I itu di dinas setempat,  Selasa (26/09/2017), tidak berhasil ditemui. Kata sejumlah pegawai, Kadis  sudah ke luar daerah.

“Pak Kadis  sedang dinas luar daerah,” tutur sejumlah pegawai di dinas setempat. (BK29)

 

Share
  • 74
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top