Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Pakaian Adat Mbojo Ditampilkan di FKN Cirebon

Pakaian Adat Mbojo Ditampilkan di FKN Cirebon

Bima, Bimakini.- Berbagai ragam busana Adat Mbojo ditampilkan  saat  kirab Festival Keraton Nusantara (FKN) XI 2017 di Cirebon. Kesultanan Bima menampilkan pakaian khas Sultan dan Putra Mahkota dengan mahkota kerajaan bersepuh emas dan keris keris pusaka kerajaan.

Kabag Humaspro Setda Kabupaten Bima, Armin Farid, SSos, menjelaskan rombongan terdiri dari, Ruma Bicara atau Perdana Menteri, Rato Renda atau Panglima Perang, Mufti Kesultanan, Penghulu Melayu, keluarga dan kerabat Kesultanan. Ada juga   pakaian Siki Lanta untuk para pejabat setingkat Tureli dan Jeneli.
Selain itu, pakaian Siki Hitam Gelarang, pakaian para suba atau prajurit Kesultanan, rimpu, pakaian pengantin serta pakaian pasukan berkuda. “Dalam kirab itu, hanya Kesultanan Bima dan Solo yang menampilkan atraksi pasukan berkuda,” sebutnya dalam pernyataan pers.

Atraksi Mihu dari Rato Renda mengawali atraksi Kesultanan Bima di halaman kesepuhan Cirebon. Disusul aksi penari Soka, Sere, dan Hadrah Rebana.

“Itulah sejumlah ragam Adat  Mbojo yang diperagakan oleh seluruh kontingen kirab FKN ke XI di Cirebon,” ungkapnya.

Kontingen Kesultanan Bima mendapatkan urutan ke-46 dalam kirab prajurit Keraton Nusantara XI Cirebon 2017. Ada sebanyak 60 perwakilan Keraton Nusantara yang ambil bagian.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Peserta berangkat  di depan SPBU Kota Cirebon menuju Istana Kasepuhan Cirebon dengan jarak 2 kilometer. Tampilan  peserta menyita  perhatian  penonton dan awak media.

Rombongan Kabupaten Bima, dipimpin Ketua Majelis Adat Dana Mbojo, Hj Ferra Amalia, SE, MM. D panggung kehormatan, rombongan diterima Jena Teke Kesultanan Bima, Muhammad Putra Ferryandi dan Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri. Ada juga  seluruh Raja dan Sultan dalam  berbagai atribut kebesarannya. (BK29)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Keikutsertaan delegasi Kabupaten Bima dalam kegiatan Festival Keraton Nasional (FKN) di Cirebon dan Kotawaringin telah menyedot anggaran senilai Rp800 juta. Dampaknya bagi...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kesultanan Bima ikut ambil bagian pada Festival Keraton Nusantara (FKN) di Cirebon, berlangsung mulai Jumat (15/9/2017). Mengikuti kegiatan ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab)...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sekitar 60 orang rombongan peserta Festival Keraton Nusantara (FKN)  Kesultanan  Bima  tiba di Cirebon  Kamis (14/9) sekitar pukul 23.00 WITA. Awalnya, dari...