Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pembangunan Dompu masih Butuh Dukungan Pihak lain

Arifuddin, SH

Dompu, Bimakini.- Pembangunan Kabupaten Dompu hingga kini terus bergeliat. Berbagai pencapaian diraih. Namun, Pemerintah Daerah masih mengharapkan campur tangan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, terutama partisipasi pihak swasta dalam membangun Dompu menuju daerah yang maju sejahtera dan religius ke depan.

Pernyataan itu disampaikan   Wakil Bupati (Wabup) Dompu, Arifuddin, SH, saat pertemuan dengan pihak PT Group Lease Finance Indonesia di gedung Pemuda Dompu, Rabu (20/09/2017) lalu, seperti dilansir dompukab.go.id.

Menurut Wabup, selain fasilitas infrastruktur sarana dan prasarana, banyak hal yang masih dibutuhkan pemerintah dalam menunjang pembangunan daerah dan rakyat Dompu. Satu di antaranya berkaitan dengan permodalan sektor pertanian. “Petani, masih mengharapkan dukungan modal untuk mengembangkan usah taninya,” katanya.

Masih lemahnya aspek permodalan pada  sektor usaha pertanian itulah yang menyebabkan Wabup mengharapkan dukungan dan partisipasi dari pihak swasta. Sebab, untuk mencapai kesejahteraan ekonomi warga petani menuju kondisi yang lebih baik, mereka harus didukung permodalan usaha maupun akses ke lembaganya,

Oleh sebab itu, Wabup mengharapkan pihak swasta dapat menjalin kemitraan kelembagaan berkaitan dengan pembiayaan sebagai zona penunjang demi keberlanjutan pembangunan sektor pertanian. “Semoga kita semua dapat meningkatkan taraf hidup ekonomi rakyat yang lebih baik,” harapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Daerah bermottokan ‘Nggahi Rawi Pahu’ ini, terus membangun melalui program Tebu, Sapi, Jagung, dan Rumput Laut (TERPIJAR). Program ini perlahan-lahan menjadikan Dompu sebagai satu di antara penghasil jagung terbesar di Indonesia. Selain itu,  telah memberikan kontribusi dalam hal mengurangi impor jagung.

Dikatakannya, program unggulan daerah ini telah membangun ekonomi rakyat dari berbagai sektor kehidupan, sehingga mampu menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan indeks pembangunan manusia. Meningkatkan daya beli rakyat dan menurunkan angka pengangguran, meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat.

Selain itu, berdampak positif pada pembangunan  infrastruktur bidang kesehatan, pertanian, pendidikan, dan  sektor lainnya. Diakuinya, keberhasilan program unggulan daerah ini, berkat kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas pemerintah yang didukung penuh seluruh elemen masyarakat Dompu.

Namun, katanya, keberhasilan yang diraih selama ini, masih jauh dari apa yang dicita-citakan oleh pemerintah. Untuk itu, perlu dukungan pihak lain.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Manager PT Group Lease Finance Indonesia Area Nusa Tenggara, Roberto Frans Sianturi, mengungkapkan siap membantu menyukseskan program pemerintah untuk memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah. Bantuan itu  melalui pemberian fasilitas, bimbingan, pendamping dan membantu untuk menumbuhkan serta meningkatkan kemampuan daya saing usaha rakyat di Dompu.

Katanya, pihaknya akan berpartisipasi dalam mewujudkan program Pemda dan bersinergi meningkatkan taraf hidup dan kemampuan individual masyarakat kecil melalui program sosial. Yakni edukasi non-formal dan akses pinjaman keuangan kepada kelompok tani, kebun, nelayan dan usaha kecil mandiri lainnya. (BK29)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Upaya mencegah stunting di Kabupaten Dompu, Kepala DPPKB Kabupaten Dompu, Hj. Iris Juita Kastianti, SKM, M.MKes bersama Wakil Bupati Kabupaten Dompu...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini, – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Dompu, H Syahrul Parsan, ST, MT., mengajak seluruh umat islam di Kabupaten Dompu agar benar-benar manfaatkan bulan...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini, – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Dompu, H Syahrul Parsan, ST, MT., bersama jajaran Pemda Dompu melanjutkan Safari Ramadhan 1444 H di Desa...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini, – Momentum Safari Ramadhan 1444 Hijriah di Masjid Al-Mukharamah Desa Tanju, Kecamatan Manggelewa, Senin (03/04/2023). Wakil Bupati Kabupaten Dompu, H Syahrul Parsan,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini, – Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT., bersama jajaran Pemda Dompu melakukan Safari Ramadhan 1444 Hijriah, Senin (03/04/2023) di Masjid...