Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Rumah Baca Al Ayyubi dan Koramil Sape Gelar Perpustakan Keliling

Suasana saat anak-anak terlibat kegiatan membaca dan lainnya di pantai Papa Kecamatan Lambu, Ahad (17/09).

Bima, Bimakini.- Untuk menumbuhkembangkan minat baca di kalangan masyarakat, khususnya anak-anak, Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi dan Koramil 1608-03/Sape  menggelar kegiatan perpustakaan keliling. Lokasinya  di Pantai Papa Kecamatan Lambu, Ahad (17/09). Kegiatan ini melibatkan 100  santri TPQ Al Ihsani Desa Oi Maci Kecamatan Sape.

Ketua Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi, Salahudin, menyampaikan  kegiatan  ini  untuk meningkatkan minat baca generasi penerus bangsa dan masyarakat  umumnya. Sekaligus  bentuk keprihatinan makin menurunnya  minat baca di kalangan masyarakat.

“Kegiatan ini bagian  dari komitmen kami untuk meningkatkan  pendidikan  masyarakat. Baik dilakukan di desa terpencil maupun desa  di wilayah kota,” katanya melalui email, Senin.

Salahudin menjelaskan, tidak hanya gelar membaca saja, tetapi beragam kegiatan yang  dilaksanakan saat perpustakaan keliling itu. Di antaranya  sosialisasi menumbuhkan minat baca, sosialisasi menjaga keutuhan NKRI, bercerita, menulis, melukis, mewarnai dan membaca puisi.

Katanya, seluruh anggotan Koramil 1608-03/Sape dan Klub Baca Sampela Kampo Nae, begitu bersemangat dan terampil dalam mengerahkan anak anak.  Danramil 1608-03/Sape Kapten (Inf) Junaid, cukup peka mengamati keinginan anak anak saat proses belajar. Sangat terlihat dari pendekatan emosianal pada anak-anak.

“Tidak hanya Kapten Infanteri Junaid, Ibu Nur Bahjan selaku Ketua Klub Baca Sampela Kampo Nae juga begitu jeli mengambil simpati, sehingga anak anak tidak terasa jenuh, gelisah dan membosankan,” ujarnya.

Diisyaratkannya, kegiatan ini akan terus dilakukan melalui  ekspansi dari desa ke desa. Maupun desa yang belum pernah tersentuh,” tegasnya.

Danramil 1608-03/Sape, Kapten (Inf) Junaid, menyampaikan apresiasinya tinggi terhadap Ketua Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi terhadap  kerja kerasnya selama ini dalam mencerdaskan anak bangsa. “Kegiatan ini bukan untuk yang pertama kali diikuti, melainakan kesekian kalinya,” tuturnya.

Katanya, berbekal sepeda motor tuanya yang sering dipakai untuk sehari-hari,  Ketua Rumah Baca  begitu gigih mongoleksi buku  untuk menjadi  bahan bacaan yang layak. Buku itu didapatkannya dari donatur. “Bahkan, membelinya menggunakan uang hasil keringantnya,” ujarnya.

Dikatakannya, melihat kerja keras  itu, Koramil semakin merespeknya. “Seyogyanya kegiatan Gemar Membaca ini sebagai wujud sinergitas Koramil 1608-03/Sape dengan Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi, dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Khusunya para generasi penerus bangsa,” katanya.

Junaid berharap langkahnya  itu dapat membantu perpustakaan dalam mengembangkan pendidikan nonformal kepada masyarakat luas. (BK25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Rumah Baca Salahuddin Al-Ayyubi,  menggelar Soft Launcing Pustaka Jeruji Bima, di aula Rumah Tahanan (Rutan) Bima, Senin (19/8). Pada kesempatannya, Direktur Rumah...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pustaka Bergerak Indonesia (PBI) Pusat menyerahkan bantuan hibah motor Pustaka Bergerak dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia ke Rumah Baca Salahuddin Al...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Rumah Raba (RB) Salahuddin Al Ayyubi tidak hanya member perhatian pada gerakan literasi bagi anak-anak di Kecamatan Sape dan Lambu. Namun juga...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Apresiasi patut diberikan kepada Rumah Baca (RB) Salahuddin Al Ayyubi. Tidak hanya peduli meningkatkan budaya literasi. Namun, juga membantu siswa yang kurang...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Sebanyak dua unit mobil perpustakaan keliling milik Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima sejak 2 Januari lalu menyasar sekolah. Tujuannya menumbuh...