Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Wabup Diisukan Nakodai Partai Gerindra

H Dahlan

Bima, Bimakini.- Isu seputar pergantian elit Partai Gerindra Kabupaten Bima mencuat ke permukaan. Bahkan, menyasar nama Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan HMNor, MPd. Berdasarkan isu yang berkembang, Dahlan diberikan mandat oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto  untuk memimpin DPC Partai Gerindra Kabupaten Bima.

Isu ini telah bergulir sejak 19 September 2017 lalu. Kini menjadi bahan pembicaraan bagi kalangan pengurus partai dan publik.

Bagaimana politisi Gerindra meresponsnya? Wakil ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bima, Sulaiman, MT, SH, mengakui  munculnya isu itu. Bahkan, menjadi “buah bibir” pengurus partai. Beberapa hari lalu ada juga yang memberitakannya.

Akan tetapi, diakuinya, sama sekali belum mengetahui  ada pergantian Ketua DPC. Bahkan, SK pengangkatan Dahlan  sebagai Ketua DPC belum  dilihat. “Apakah ada atau tidak, apakah benar isu tersebut atau bagaimana,” akuinya saat dikonfirmasi di ruangan Komisi I DPRD Kabupaten Bima, Senin (25/09/2017).

Sulaiman menegaskan sebagai pengurus DPC Gerindra Kabupaten Bima, saat ini Ketua DPC Gerindra  adalah H Syamsuddin yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima. “Yang saya tahu, kalau Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bima adalah beliau, bukan Wabup,” tegasnya.

Wakil Sekretaris DPC Gerindra Kota Bima, Suherman, juga mengaku  isu itu  kalau Dahlan menjadi Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bima saat ini hangat diperbincangkan. Bahkan,  oleh  pengurus DPC Gerindra  di Kabupaten dan Kota Bima.

Dikatakannya, Surat Keputusan (SK) pengangkatan Ketua dan pengurus DPC dan DPD dari DPP  akan diterbitkan bersamaan pada seluruh wilayahIndonesia dan partai memiliki AD/ART. Apabila   DPC dan  DPD tersandung masalah, maka akan disidangkan di Majelis Kode Etik Partai.

“Nah, yang jadi pertanyaannya sekarang, apakah Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bima memiliki masalah hukum atau bagimana, kan tidak. Tapi jika iya, apakah saat ini sudah dilakukan sidang Kode Etik Partai atau bagaimana sehingga orang menyatakan Ketua DPP sudah memandatkan pada Wabup untuk menakodai Gerindra di Kabupaten Bima,” ujarnya.

Masih kata Suherman, meski pengurus DPC Gerindra Kota Bima, setahunya  amanat AD/ART belum dilakukan satu pun, berikut SK pengangkatan Dahlan sebagai Ketua DPC belum diketahui oleh  pengurus DPC Kota maupun Kabupaten Bima.

Dipastikannya, saat ini Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bima masih dijabat H Syamsuddin. Masalahnya, penetapan Ketua DPC dan DPD harus melalui  Musda, kecuali bermasalah atau melanggar hukum, meninggal dunia, dan mengundurkan diri.

Menurutnya, isu Dahlan dimandatkan oleh DPP Gerindra untuk menakodai  Gerindra Kabupaten Bima boleh-boleh saja. Itu hanya akan sebatas isu belaka sepanjang tidak bisa membuktikan SK dari DPP Gerindra.

Menyusul isu ini, dia mengharapkan seluruh kader partai jangan terpancing. Tetapi, bila isu itu benar berikut diperkuat SK dari DPP Gerindra, maka wajib tunduk pada keputusan tersebut. (BK29)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Noer Rabu (2/8) saat menjadi Pembina apel pagi pada Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga...

Politik

Mataram, Bimakini.- Partai Gerindra genap berusia 14 tahun pada 6 Februari 2022. Momentum tersebut disambut kegembiraan dan rasa syukur oleh segenap pengurus, kader, juga...

Politik

Mataram, Bimakini.- Bupati Lombok Tengah HL Pathul Bahri resmi memegang tongkat komando DPD Partai Gerindra NTB. Dia menggantikan H. Ridwan Hidayat, yang kini memangku...

Politik

Mataram, Bimakini.- Akhirnya, Surat Keputusan (SK) Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindera di Kabupaten Lombok Utara (KLU) secara resmi diterima Danny Karter Febrianto...

Politik

Mataram, Bimakini.- Anggota DPR RI dari Dapil NTB-2/Pulau Lombok, H. Bambang Kristiono, SE (HBK), ditetapkan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk memimpin...