Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Wagub NTB: Mari Perkuat Kultur Daerah Kita

Welcome Dinner International Halal Travel Fair Tahun 2017, di Pendopo Gubernur NTB, Kamis malam.

Mataram, Bimakini.- Pariwisata NTB saat ini semakin berkembang. Terbukti, angka kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun semakin meningkat. Tahun 2016 lalu, tercatat lebih dari 3 juta wisatawan yang berkunjung ke daerah yang disebut Bumi Seribu Masjid ini.

Dengan meningkatnya jumlah wisatawan tersebut, NTB diharapkan mampu menjaga atmosfer pariwisatannya sebagai salah satu destinasi wisata terbaik dunia. Hanya saja, dalam interaksinya dengan masyarakat NTB, para wisatawan cenderung akan membawa kebiasaan dan kultur dari negara asalnya.

“Oleh karena itu, mari kita terus memperkuat jati diri, budaya, dan tradisi baik daerah kita. Sehingga kita tidak terpengaruh oleh budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita. Tetapi justru para turislah yang harus dapat menyesuaikan diri dengan budaya dan tradisi luhur masyarakat kita sebagai salah satu daya tarik tersendiri,” ungkap Wagub.

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, H. Muh Amin, SH., M. Si, menyampaikan ajakan tersebut saat Welcome Dinner International Halal Travel Fair Tahun 2017, di Pendopo Gubernur NTB, Kamis malam (14/9/17). “Semua turis mancanegara saat pelaksanaan MTQ, mereka pakai jilbab, branding ini luar biasa, mari kita pertahankan dan kita pelihara”, kata Wagub.

Hal itu bukan hanya semata-mata tentang agama tetapi potensi NTB, dan ‘icon-icon’ yang dimiliki NTB, potensi tersebut dapat diekspose dan dikembangkan.

“Bukan hanya nilai kunjungan wisatawan yang meningkat yang diharapkan, tapi nilai ekonomis yang juga diharapkan bagi industri pariwisata di NTB”, pungkas Wagub.

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat, L. Mohammad Faozal melaporkan tahun ini akan ditampilkan 22 event pariwisata. Event unggulan ini tersebar di 10 kabupaten/kota di NTB.

Lombok-Sumbawa sendiri memiliki daya tarik wisata yang bertumpu pada budaya (culture), alam (nature), dan buatan (man made). Daya tarik itu akan ditampilkan dalam berbagai acara menarik selama satu tahun.

Beberapa Event yang akan dilaksanakan diantaranya adalah, Lombok-Sumbawa Great Sale (1 Januari-30 Januari); Pesta Rakyat Bau Nyale (Februari); Festival Pesona Lawata, Festival Pesona Tambora (11-19 April), Lombok Sumbawa Pearl Festival (10-12 Juni), Bulan Pesona Lombok-Sumbawa (18 Agustus-16 September); Festival Pesona Mentaram (21-23 Agustus); Festival Pesona Senggigi (16 September-19 September); Mandalika Tour D` Lombok (22-23 September); Festival Pesona Lakey, Festival Pesona Gili Indah (5-6 November); International Halal Travel Fair, dan Rinjani Golf Tournament (10 Desember).

Semua event tesebut nantinya akan diadakan di Sumbawa-Lombok. Potensi alam (nature) NTB berupa keindahan bawah laut, pantai, gunung, hutan, aneka ragam hayati, serta potensi budaya (culture) menempatkan pariwisata NTB memiliki daya saing kuat. Lombok-Sumbawa memiliki kekayaan budaya yang unik dan heterogen, berupa suku, bahasa, tradisi dan adat istiadat seperti Bali, Sasak, Samawa dan Mbojo.

Tahun ini, NTB menargetkan 4 juta kunjungan wisatawan, sekaligus mendukung program ‘Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia’ demi mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) lebih banyak lagi.

Turut hadir dalam acara tersebut, FKPD Provinsi NTB, Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD), DPD RI Perwakilan NTB Baiq Diyah Ratu Ganefi, serta beberapa desaigner lokal dan luar yang usai acara ini akan langsung menyaksikan pagelaran busana karyanya dalam acara ‘Fashion On The Street’. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Berita

SEJAK November lalu, saya bersama tim kecil mencoba untuk membaca peta potensi apa yang bisa membantu pengembangan ekonomi masyarakat Bima. Selain meneliti data, melihat...

NTB

Mataram, Bimakini.- Potensi Samota yang terdiri dari Teluk Saleh, Pulau Moyo, Gunung Tambora dan disebut memiliki sumber daya alam luar biasa, diharapkan memberi manfaat...

NTB

Mataram, Bimakini.- NTB adalah sebuah daerah dengan keindahan alam yang memukau. Sebuah tempat yang nyaris sempurna bagi mereka yang menginginkan rehat dari kesibukan sehari-hari....

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wal Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE menghadiri Undangan Panitia Man and The Biosphere Programme – International Coordinating Council (MAB-ICC) UNESCO Sesi...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri SE, hadir mengikuti sidang penetapan Tambora sebagai salah satu biosfera dunia diselenggarakan UNESCO di Paris Perancis...