Politik

Evaluasi RAPBDP 2017 Dikaji secara Yuridis

FERI SOFIYAN, SH

Kota Bima, Bimakini.-  Evaluasi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2017 sudah dilaksanakan oleh tim Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Tetapi, semuanya akan kembali dikaji secara yuridis, termasuk berkaitan dengan penambahan anggaran Masjid Terapung.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bima, Feri Sofiyan, SH, yang dikonfirmasi di kantor setempat  Kamis (5/10/2017) mengatakan, untuk evaluasi RAPBD Perubahan 2017 sudah dilaksanakan bersama di tingkat Provinsi NTB. Intinya, evaluasi  itu dalam rangka harmonisasi dan sinkronisasi apakah sesuai RPJMD antara Kota Bima dan Provinsi NTB. Termasuk apakah RAPBD Perubahan dibuat bersama Pemkot Bima dan DPRD sesuai aturan atau tidak dan porsi anggarannya.

Dicontohkannya, ada saran dari provinsi berkaitan dengan persentase anggaran untuk Dinas Kesehatan kurang dari 20 persen tercakup dalam RAPBD Perubahan. Padahal, kekurangan bukan karena ada pemangkasan, tetapi pagu anggaran diajukan Dikes memang hanya sekian.

Ditanyakan mengenai dinamika anggaran untuk penambahan pembangunan Masjid Terapung,  Feri mengaku dalam pembahasan apapun biasa ada dinamika yang muncul. “Dinamika biasa dalam pembahasan, sudut pandangan saja berbeda, namun pada prinsipnya minta Pemprov NTB semua soal dikaji secara yuridis. Termasuk kaitan dengan Masjid Terapung itu,” ujarnya.

Diakuinya pula, ada anggota DPRD Kota Bima yang bersurat ke Provinsi NTB secara pribadi dan itu tidak masalah. Hal yang pasti Provinsi pun akan menelaah  apakah sesuai aturan atau tidak. Untuk sementara ini masih dikaji secara yuridis belum ada kesimpulan. “Bukan saja Masjid Terapung, termasuk beberapa item lainnya,” ujarnya.

Namun, untuk tahap evaluasi sendiri sudah selesai dan saat ini akan dibahas kembali di tingkat Kota Bima antara TAPD dan Banggar DPRD Kota Bima. Kemudian selanjutnya akan disampaikan dalam rapat paripurna.

Untuk diketahui pula  evaluasi itu menghasilkan dua hal, catatan dan saran. Hal-hal itulah yang akan dibahas kembali oleh eksekutif dan legislatif Kota Bima. (BK32)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top