Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Gubernur NTB Usulkan Penetapan HPP Harga Cabe dan Bawang ke Presiden

Presiden Jokowi dan Gubernur NTB, H Zainul Majdi saat Selfi di KEK Mandalika.

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo untuk menetapkan harga pembelian pemerintah (HPP) cabe rawit, cabe keriting, kemudian bawang putih dan bawang merah, guna meminimalisir dampak inflasi karena fluktuasi harga dari keempat komoditi pertanian tersebut.

“Kami sudah mengusulkan harga-harga untuk keempat komoditi ini, karena terus terang fluktuasi harga untuk komunitas ini, pertama kadang-kadang membuat inflasi kita naik turun,” ujar Gubernur.

Menurutnya fluktuasi harga cabe pada saat-saat tertentu kadang-kadang jatuh hingga ke level Rp. 4000. Tetapi terkadang sangat tinggi. Dari fluktuasi tersebut, kata Gubernur pada intinya petanilah yang pada akhirnya sangat dirugikan. “Pada saat-saat tertentu petani kita agak kesulitan menjual cabe mereka dengan harga yang baik,” ujar TGB.

Usulan tersebut disampaikan langsung kepada Presiden RI, saat menyampaikan sambutan selamat datang dan apresiasinya kepada Presiden Jokowi atas pembagian 2.700 sertifikat tanah kepada masyarakat NTB, sekaligus peresmian Masjid Nurul Bilad dan beroperasinya KEK Mandalika, di Pantai Kute Lombok Tengah, Jum’at (20/10/2017).

Gubernur menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Presiden Jokowi, juga mengungkapkan rasa syukur masyarakat NTB atas pembagian sertifikat tanah tersebut. Dalam bahasa sasak TGB sempat menyatakan kegembiran ribuan masyarakat dari Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat dan Kota Mataram yang antusias menyambut kedatangan Bapak Jokowi. “Demen” bapak ibu? Cemoh? Yang dijawab pekik kegembiraan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kenapa senang, karena memang bagi kami warga NTB, memiliki tanah yang bersertifikat itu tak ternilai harganya. Betul-betul itulah yang menjadi harapan masyarakat Nusa Tenggara Barat sehingga mohon berkenan Pak Presiden supaya ditugaskan pak Menteri untuk bisa diselesaikan semua tanah tanah yang belum bersertifikat milik warga Nusa Tenggara Barat, supaya bisa semuanya,” ujar TGB.

Selain itu, TGB juga melaporkan kepada Pesiden bahwa sesuai dengan arahan Presiden sebelumnya agar NTB fokus membangun daerah. Sesuai potensi unggulan yang dimiliki, yaitu, fokus pada pertanian dan pariwisata. “Alhamdulillah, sejak 9 tahun yang lalu, NTB fokus pada dua sektor tersebut. Hasilnya sungguh menggembirakan,” ungkapnya.

Produksi padi tahun ini dipaparkan oleh Gubernur meningkat 13,5 persen menjadi sebanyak 2,36 juta gabah kering giling. Bahkan produksi jagung di NTB, setelah tahun lalu Presiden Jokowi menetapkan HPP, berdasarkan ramalan kedua BPS tahun ini meningkat 95% dibanding tahun 2016. Jika produksinya tahun lalu sebanyak 1,2 juta ton, maka ramalan kedua dari BPS tahun 2017 menjadi 2,1 juta ton.

TGB kemudian mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar menugaskan Menteri Pertanian untuk menindaklanjuti penetapan HPP cabe rawit, cabe keriting, kemudian bawang putih dan bawang merah, guna meminimalisir dampak inflasi karena fluktuasi harga komoditi tersebut.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kami sudah mengusulkan harga-harga untuk keempat komoditi ini, karena terus terang fluktuasi harga untuk komunitas ini, pertama kadang-kadang membuat inflasi kita naik turun,” ujar TGB.

Terkait dengan pembangunan aektor pariwisata, Gubernur juga memaparkan bahwa sesuai direktif Presiden Jokowi dua tahun lalu yang neminta Gubernur NTB agar menata Mandalika, khususnya yang berada di dekat Masjid Nurul Bilad, kini telah berubah total 180 derajat dan berkembang sangat signifikan.

Gubernur menegaskan bahwa seluruh hal yang diperlukan untuk menata kawasan Mandalika tersebut, mulai dari administrator kawasan, masalah lahan dan regulasi, sudah berhasil diselesaikannya dengan baik. Dengan selesainya persoalan-persoalan tersebut, diharapkan percepatan infrastruktur terus berjalan.

“Mudah-mudahan dengan komitmen bersama warga Lombok Tengah, yang dulu mungkin ada satu dua yang menunjukkan kekurang kompakan, Alhamdulillah sekarang sudah kompak. Ikhtiar menjadikan Mandalika ini sebagai sumber pertumbuhan dan kesejahteraan untuk NTB Insya Allah akan terwujud,” ujar Gubernur.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Menutup rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi NTB, Presiden Jokowi sempat mengajak Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi untuk foto selfi sebagai salah satu trik dalam mempromosikan keindahan pariwisata di kawasan Mandalika.

Presiden dan TGB berfoto selfi dengan latar Pantai Kuta, usai meresmikan beroperasinya KEK Mandalika, Jumat 20 Oktober 2017.

Pantai Kuta merupakan salah satu pantai terindah di Lombok NTB yang memiliki garis pantai kurang lebih 7,2 km. Di sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika.

Namaini diambil dari cerita kuno masyarakat setempat, tentang seorang putri bernama Mandalika. Saat ini, kawasan tersebut sedang berkembang dan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Yakni, proyek yang berdampak langsung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (BK37)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Harga sejumlah kebutuhan di Pasar Ama Hami Kota Bima, mulai naik, Kamis 8 Desember 2022. Selain menjelang natal dan tahun baru,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...